%A NIM.  14680024 Rika Istiqomah Rika Istiqomah 14680024
%O Runtut Prih Utami, M.Pd.,
%T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, AND KINESTHETIC (VAK) TERHADAP MOTIVASI DAN 
HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA
%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran
Visualization, Auditory, and Kinesthetic (VAK) terhadap motivasi belajar siswa,
2) pengaruh model pembelajaran Visualization, Auditory, and Kinesthetic (VAK)
terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini termasuk True Experiment
dengan desain Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 2 kelas. Sampel
penelitian terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling
dengan hasil kelas yaitu XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai
kelas kontrol. Teknik pengumpulan data motivasi belajar siswa menggunakan
teknik non tes, dengan instrumen berupa lembar angket motivasi belajar siswa.
Teknik pengambilan data hasil belajar siswa menggunakan tes, dengan instrumen
berupa soal pretest dan posttest materi sistem reproduksi. Teknik analisis data
motivasi belajar siswa menggunakan uji statistik Mann Whitney U Test, dan
analisis data hasil belajar siswa menggunakan uji statistik Mann Whitney U Test.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh model
pembelajaran Visualization, Auditory, and Kinesthetic (VAK) terhadap motivasi
belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann Whitney U Test
menunjukkan Asymp. Sig. sebesar 0,000 < 0,05, 2) terdapat pengaruh model
pembelajaran Visualization, Auditory, and Kinesthetic (VAK) terhadap hasil
belajar kognitif siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann Whitney U Test
menunjukkan Asymp. Sig. sebesar 0,000 < 0,05
%K Pembelajaran Visualization, Auditory, and Kinesthetic (VAK),
Motivasi Belajar, Hasil Belajar
%D 2018
%I UIN SUNAN KALIJAGA
%L digilib33240