eprintid: 33240
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 111
dir: disk0/00/03/32/40
datestamp: 2019-02-16 05:26:02
lastmod: 2019-02-16 05:26:02
status_changed: 2019-02-16 05:26:02
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Rika Istiqomah Rika Istiqomah 14680024, NIM.  14680024
title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, AND KINESTHETIC (VAK) TERHADAP MOTIVASI DAN 
HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA
ispublished: pub
subjects: pen_bio
divisions: jur_pebio
full_text_status: restricted
keywords: Pembelajaran Visualization, Auditory, and Kinesthetic (VAK),
Motivasi Belajar, Hasil Belajar
note: Runtut Prih Utami, M.Pd.,
abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran
Visualization, Auditory, and Kinesthetic (VAK) terhadap motivasi belajar siswa,
2) pengaruh model pembelajaran Visualization, Auditory, and Kinesthetic (VAK)
terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini termasuk True Experiment
dengan desain Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 2 kelas. Sampel
penelitian terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling
dengan hasil kelas yaitu XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai
kelas kontrol. Teknik pengumpulan data motivasi belajar siswa menggunakan
teknik non tes, dengan instrumen berupa lembar angket motivasi belajar siswa.
Teknik pengambilan data hasil belajar siswa menggunakan tes, dengan instrumen
berupa soal pretest dan posttest materi sistem reproduksi. Teknik analisis data
motivasi belajar siswa menggunakan uji statistik Mann Whitney U Test, dan
analisis data hasil belajar siswa menggunakan uji statistik Mann Whitney U Test.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh model
pembelajaran Visualization, Auditory, and Kinesthetic (VAK) terhadap motivasi
belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann Whitney U Test
menunjukkan Asymp. Sig. sebesar 0,000 < 0,05, 2) terdapat pengaruh model
pembelajaran Visualization, Auditory, and Kinesthetic (VAK) terhadap hasil
belajar kognitif siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann Whitney U Test
menunjukkan Asymp. Sig. sebesar 0,000 < 0,05
date: 2018-08-24
date_type: published
institution: UIN SUNAN KALIJAGA
department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Rika Istiqomah Rika Istiqomah 14680024, NIM. 14680024  (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, AND KINESTHETIC (VAK) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33240/1/14680024_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33240/2/14680024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf