eprintid: 33240 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/32/40 datestamp: 2019-02-16 05:26:02 lastmod: 2019-02-16 05:26:02 status_changed: 2019-02-16 05:26:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rika Istiqomah Rika Istiqomah 14680024, NIM. 14680024 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, AND KINESTHETIC (VAK) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Visualization, Auditory, and Kinesthetic (VAK), Motivasi Belajar, Hasil Belajar note: Runtut Prih Utami, M.Pd., abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran Visualization, Auditory, and Kinesthetic (VAK) terhadap motivasi belajar siswa, 2) pengaruh model pembelajaran Visualization, Auditory, and Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini termasuk True Experiment dengan desain Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling dengan hasil kelas yaitu XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data motivasi belajar siswa menggunakan teknik non tes, dengan instrumen berupa lembar angket motivasi belajar siswa. Teknik pengambilan data hasil belajar siswa menggunakan tes, dengan instrumen berupa soal pretest dan posttest materi sistem reproduksi. Teknik analisis data motivasi belajar siswa menggunakan uji statistik Mann Whitney U Test, dan analisis data hasil belajar siswa menggunakan uji statistik Mann Whitney U Test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran Visualization, Auditory, and Kinesthetic (VAK) terhadap motivasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann Whitney U Test menunjukkan Asymp. Sig. sebesar 0,000 < 0,05, 2) terdapat pengaruh model pembelajaran Visualization, Auditory, and Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar kognitif siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann Whitney U Test menunjukkan Asymp. Sig. sebesar 0,000 < 0,05 date: 2018-08-24 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Rika Istiqomah Rika Istiqomah 14680024, NIM. 14680024 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, AND KINESTHETIC (VAK) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33240/1/14680024_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33240/2/14680024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf