%0 Thesis %9 Skripsi %A AYNIAH CAHYANI, NIM. 14410123 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2018 %F digilib:33246 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Persepsi, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam, dan Sistem Zonasi %P 139 %T HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DENGAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33246/ %X Minat pada dasarnya adalah penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu di luar diri. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut, semakin besar minatnya. Sistem zonasi merupakan penerimaan peserta didik baru dengan berdasarkan jarak antara tempat tinggal dengan sekolah. Dengan sistem zonasi peserta didik diterima bukan berdasarkan prestasi dan kemampuan kognitif. Dengan mudahnya proses seleksi penerimaan peserta didik baru membuat peserta didik memiliki minat belajar yang menurun, karena untuk memperoleh sekolah yang favorit ia tidak perlu memiliki nilai dan kemampuan yang tinggi. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : seberapa tinggi persepsi peserta didik terhadap sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru. Seperapa tinggi minat belajar Pendidikan Agama Islam, dan adakah hubungan antara persepsi peserta didik terhadap sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru dengan minat belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Banguntapan Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya hubungan antara sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru dengan minat belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Banguntapan Bantul. Penelitian ini termasuk penelitian yang bersifat kuantitatif, yang dilakukan di SMP Negeri 1 Banguntapan Bantul dengan sampel sebanyak 47 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Angket minat belajar PAI sebanyak 27 item pernyataan, dan angket sistem zonasi dalam PPDB sebanyak 22 item pernyataan. Analisis instrumen meliputi analisis validitas, reliabilitas normalitas dan linearitas, sedangkan untuk analisis data meliputi analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi Product Moment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Minat Belajar Pendidikan Agama Islam tergolong pada kategori sedang karena terletak pada interval 76 – 83 dengan presentase 61,7%, 2) Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru tergolong pada katagori sedang karena terletak pada inerval 66 – 72 dengan presentase 70,2%, 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru dengan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam ditandai oleh koefisien korelasi rxy sebesar 0,306 dengan p sebesar 0,036 (p < 0,05). %Z Drs. Nur Munajat, M.Si.