TY - THES N1 - Runtut Prih Utami, M.Pd., ID - digilib33250 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33250/ A1 - LATIFAH NUR ?AINI, NIM. 14680032 Y1 - 2018/08/24/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap motivasi belajar siswa, 2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian True Experimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI IPA yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling dengan hasil kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data motivasi belajar siswa menggunakan teknik non-tes, dengan instrumen berupa lembar angket motivasi belajar siswa. Teknik pengambilan data hasil belajar siswa menggunakan teknik tes, dengan instrumen berupa soal pretest dan posttest materi sistem imun. Teknik analisis data motivasi belajar siswa menggunakan uji statistik Mann Whitney, dan analisis data hasil belajar siswa menggunakan skor N-gain yang diuji dengan menggunakan uji statistik Mann Whitney. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap motivasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann Whitney menunjukkan Asymp. sig. sebesar 0,017 < 0,05, 2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann Whitney untuk skor N-gain siswa menunjukkan nilai Asymp. sig. sebesar 0,000 < 0,05. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation KW - Motivasi Belajar KW - Hasil Belajar M1 - skripsi TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA AV - restricted EP - 188 ER -