@phdthesis{digilib33252, month = {July}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMAN 1 KASIHAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 14680043 DENA EMARANI HERIANA}, year = {2018}, note = {Runtut Prih Utami, M.Pd}, keywords = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap motivasi belajar siswa, 2) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap hasil belajar biologi siswa pada aspek kognitif. Penelitian ini termasuk penelitian True Experimental dengan desain penelitian Randomized pretest- Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas XI IPA yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang digunakan adalah 3 kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling dengan hasil kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol, kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen PBL dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen SSCS. Teknik pengumpulan data motivasi belajar menggunakan instrumen lembar angket. Teknik pengumpulan data hasil belajar biologi siswa menggunakan tes, dengan instrumen berupa soal pretest dan posttest materi sistem imunitas. Teknik analisis data motivasi belajar mengguankan uji statistik Kruskal Wallis Test, dan analisis data hasil belajar biologi siswa menggunakan uji statistik Kruskal Wallis Test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search, Solve, Create and Share (SSCS) berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, dengan hasil pengujian Kruskal Wallis Test menunjukkan Asymp. sig. sebesar 0,018 0,05, 2) model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search, Solve, Create and Share (SSCS) berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa, dengan hasil pengujian Kruskal Wallis Test menunjukkan Asymp. sig. sebesar 0,000 0,05.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33252/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap motivasi belajar siswa, 2) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap hasil belajar biologi siswa pada aspek kognitif. Penelitian ini termasuk penelitian True Experimental dengan desain penelitian Randomized pretest- Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas XI IPA yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang digunakan adalah 3 kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling dengan hasil kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol, kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen PBL dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen SSCS. Teknik pengumpulan data motivasi belajar menggunakan instrumen lembar angket. Teknik pengumpulan data hasil belajar biologi siswa menggunakan tes, dengan instrumen berupa soal pretest dan posttest materi sistem imunitas. Teknik analisis data motivasi belajar mengguankan uji statistik Kruskal Wallis Test, dan analisis data hasil belajar biologi siswa menggunakan uji statistik Kruskal Wallis Test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search, Solve, Create and Share (SSCS) berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, dengan hasil pengujian Kruskal Wallis Test menunjukkan Asymp. sig. sebesar 0,018 0,05, 2) model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search, Solve, Create and Share (SSCS) berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa, dengan hasil pengujian Kruskal Wallis Test menunjukkan Asymp. sig. sebesar 0,000 0,05.} }