TY - THES N1 - Runtut Prih Utami, M.Pd ID - digilib33252 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33252/ A1 - DENA EMARANI HERIANA, NIM. 14680043 Y1 - 2018/07/19/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap motivasi belajar siswa, 2) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap hasil belajar biologi siswa pada aspek kognitif. Penelitian ini termasuk penelitian True Experimental dengan desain penelitian Randomized pretest- Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas XI IPA yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang digunakan adalah 3 kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling dengan hasil kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol, kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen PBL dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen SSCS. Teknik pengumpulan data motivasi belajar menggunakan instrumen lembar angket. Teknik pengumpulan data hasil belajar biologi siswa menggunakan tes, dengan instrumen berupa soal pretest dan posttest materi sistem imunitas. Teknik analisis data motivasi belajar mengguankan uji statistik Kruskal Wallis Test, dan analisis data hasil belajar biologi siswa menggunakan uji statistik Kruskal Wallis Test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search, Solve, Create and Share (SSCS) berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, dengan hasil pengujian Kruskal Wallis Test menunjukkan Asymp. sig. sebesar 0,018 0,05, 2) model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search, Solve, Create and Share (SSCS) berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa, dengan hasil pengujian Kruskal Wallis Test menunjukkan Asymp. sig. sebesar 0,000 0,05. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search KW - Solve KW - Create and Share (SSCS) terhadap motivasi belajar siswa KW - 2) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search KW - Solve KW - Create and Share (SSCS) terhadap hasil belajar biologi siswa pada aspek kognitif. Penelitian ini termasuk penelitian True Experimental dengan desain penelitian Randomized pretest- Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas XI IPA yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang digunakan adalah 3 kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling dengan hasil kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol KW - kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen PBL dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen SSCS. Teknik pengumpulan data motivasi belajar menggunakan instrumen lembar angket. Teknik pengumpulan data hasil belajar biologi siswa menggunakan tes KW - dengan instrumen berupa soal pretest dan posttest materi sistem imunitas. Teknik analisis data motivasi belajar mengguankan uji statistik Kruskal Wallis Test KW - dan analisis data hasil belajar biologi siswa menggunakan uji statistik Kruskal Wallis Test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search KW - Solve KW - Create and Share (SSCS) berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa KW - dengan hasil pengujian Kruskal Wallis Test menunjukkan Asymp. sig. sebesar 0 KW - 018 0 KW - 05 KW - 2) model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search KW - Solve KW - Create and Share (SSCS) berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa KW - dengan hasil pengujian Kruskal Wallis Test menunjukkan Asymp. sig. sebesar 0 KW - 000 0 KW - 05. M1 - skripsi TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMAN 1 KASIHAN AV - restricted EP - 186 ER -