@phdthesis{digilib33259, month = {August}, title = {IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS LOCAL WISDOM DI MTs NEGERI 2 SLEMAN YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 14410107 UMROH MAHFUDHOH}, year = {2018}, note = {Dr. Usman, SS, M.Ag.}, keywords = {implementasi nilai, pendidikan karakter, local wisdom}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33259/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah adanya dekadensi moral pada diri anakanak zaman sekarang yang memprihatinkan. Banyak anak remaja yang sering berkata kotor, kurangnya kesopanan terhadap guru, yang salah satu penyebabnya adalah lingkungan pertumbuhan anak. Menyadari adanya hal tersebut, maka perlu adanya solusi yang konkrit dan berkelanjutan. MTs Negeri 2 Sleman merupakan salah satu sekolah yang menerapkan berbagai kegiatan positif dalam menanamkan pendidikan karakter di dalam jiwa peserta didik melalui implementasi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis local wisdom. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep, implementasi, dan hasil yang diperoleh dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter berbasis local wisdom. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MTs Negeri 2 Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan analisis data menggunakan Miles and Huberman dengan empat tahapan yakni reduksi data, penyajian data, verification, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, konsep nilai-nilai pendidikan karakter berbasis local wisdom adalah a) membentuk manajemen sekolah yang berkarakter dan berbudaya, b) mengintegrasikan nilai karakter dalam pembelajaran, c) pembangunan komitmen guru, d) pengembangan budaya karakter sekolah, e) ekstrakurikuler. Kedua, implementasi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis local wisdom adalah a) pembelajaran di kelas, b) pengembangan budaya sekolah dalam keseharian, c) ekstrakurikuler. Ketiga, hasil implementasinya ditunjukkan oleh peserta didik melalui sikap dan perilakunya bahwa sebagian besar peserta didik dalam mengikuti rangkaian kegiatan di dalam kelas maupun di luar kelas sudah berjalan dengan baik sesuai dengan nilai-nilai karakter karakter.} }