eprintid: 33259 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/32/59 datestamp: 2019-02-18 02:51:26 lastmod: 2019-02-18 02:51:26 status_changed: 2019-02-18 02:51:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: UMROH MAHFUDHOH, NIM. 14410107 title: IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS LOCAL WISDOM DI MTs NEGERI 2 SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pdk divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: implementasi nilai, pendidikan karakter, local wisdom note: Dr. Usman, SS, M.Ag. abstract: Latar belakang penelitian ini adalah adanya dekadensi moral pada diri anakanak zaman sekarang yang memprihatinkan. Banyak anak remaja yang sering berkata kotor, kurangnya kesopanan terhadap guru, yang salah satu penyebabnya adalah lingkungan pertumbuhan anak. Menyadari adanya hal tersebut, maka perlu adanya solusi yang konkrit dan berkelanjutan. MTs Negeri 2 Sleman merupakan salah satu sekolah yang menerapkan berbagai kegiatan positif dalam menanamkan pendidikan karakter di dalam jiwa peserta didik melalui implementasi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis local wisdom. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep, implementasi, dan hasil yang diperoleh dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter berbasis local wisdom. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MTs Negeri 2 Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan analisis data menggunakan Miles and Huberman dengan empat tahapan yakni reduksi data, penyajian data, verification, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, konsep nilai-nilai pendidikan karakter berbasis local wisdom adalah a) membentuk manajemen sekolah yang berkarakter dan berbudaya, b) mengintegrasikan nilai karakter dalam pembelajaran, c) pembangunan komitmen guru, d) pengembangan budaya karakter sekolah, e) ekstrakurikuler. Kedua, implementasi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis local wisdom adalah a) pembelajaran di kelas, b) pengembangan budaya sekolah dalam keseharian, c) ekstrakurikuler. Ketiga, hasil implementasinya ditunjukkan oleh peserta didik melalui sikap dan perilakunya bahwa sebagian besar peserta didik dalam mengikuti rangkaian kegiatan di dalam kelas maupun di luar kelas sudah berjalan dengan baik sesuai dengan nilai-nilai karakter karakter. date: 2018-08-20 date_type: published pages: 201 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: UMROH MAHFUDHOH, NIM. 14410107 (2018) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS LOCAL WISDOM DI MTs NEGERI 2 SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33259/1/14410107_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33259/2/14410107_BAB%20II_S.D._SEBELUM%20_BAB_TERAKHIR.pdf