TY - THES N1 - Drs. Mujahid, M.Ag ID - digilib33266 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33266/ A1 - WIDYA KUSUMAWATI, NIM. 14410088 Y1 - 2018/07/09/ N2 - Menjamurnya kasus kenakalan remaja yang dilakukan peserta didik membuktikan bahwa dunia pendidikan Indonesia belum menghasilkan manusia yang berkarakter. Pembangunan karakter banyak dilupakan pihak sekolah. Kecerdasan intelektual dianakemaskan, sedangkan kecerdasan emosional dan spiritual dimarginalkan. Padahal kecerdasan spiritual sangat fundamental sebagai landasan awal pembentukan generasi. Disinilah, pentingnya internasilisasi nilainilai pendidikan karakter di sekolah secara intensif melalui program-program sekolah sebagai pondasi yang kokoh bagi masa depan anak didik. Sebagaimana yang dilakukan MAN I Yogyakarta yang memiliki keunggulan dalam penanaman character values dalam kegiatan keagamaannya. Penelitian ini berangkat dari tiga permasalahan yaitu: Pertama, bagaimana konsep penanaman character values dalam kegiatan keagamaan di MAN I Yogyakarta? Kedua, bagaimana implementasi konsep penanaman character values dalam kegiatan keagamaan di MAN I Yogyakarta? Ketiga, bagaimana implikasi penanaman character values dalam kegiatan keagamaan terhadap spiritual intelligence peserta didik MAN I Yogyakarta? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan psikologi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi menggunakan Miles and Huberman dengan empat tahapan yakni reduksi data, penyajian data, verification, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, konsep penanaman character values dalam kegiatan keagamaan dikemas melalui visi, misi, tujuan, dan muatan core values dalam Kurikulum MAN I Yogyakarta. Kedua, penanaman character values dalam kegiatan keagamaan dilaksanakan dalam program pengembangan diri (pembiasaan karakter, kegiatan terprogram, dan kegiatan ekstrakulikuler keagamaan) dan budaya madrasah. Ketiga, penanaman character values dalam kegiatan keagamaan mempunyai implikasi terhadap spiritual intelligence peserta didik MAN I Yogyakarta dengan spesifikasi bahwa peserta didik yang sangat aktif memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi, peserta didik yang cukup aktif memiliki kecerdasan spiritual yang cukup, dan peserta didik yang kurang aktif belum terlihat memiliki kecerdasan spiritual. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Character Values KW - Kegiatan Keagamaan KW - dan Spiritual Intelligence M1 - skripsi TI - PENANAMAN CHARACTER VALUES DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SPIRITUAL INTELLIGENCE PESERTA DIDIK MAN I YOGYAKARTA AV - restricted EP - 312 ER -