@phdthesis{digilib33278, month = {August}, title = {ANALISIS PERUBAHAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 14690017 AGHITS FAIQOTUL ULA}, year = {2018}, note = {Winarti, S.Pd., M.Pd.Si}, keywords = {Perubahan Konseptual, Konsepsi siswa, Usaha dan Energi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33278/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) konsepsi awal siswa pada materi usaha dan energi, 2) konsepsi akhir siswa pada materi usaha dan energi, 3) bentuk perubahan konseptual peserta didik pada materi usaha dan energi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 47 siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Banguntapan. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal tes diagnostik two tier yang dilakukan 3 tahap, yaitu pre-test, post-test, dan delayed test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) konsepsi awal peserta didik sebagai berikut usaha sama dengan gaya (85,11\%), energi kinetik dipengaruhi oleh massa benda (36,17\%), energi potensial pegas dipengaruhi oleh massa (42,55\%), energi mekanik dipengaruhi oleh gaya gravitasi (80,85\%), gaya konservatif bergantung pada lintasan (97,87\%), dan gaya non konservatif memiliki resultan kerjanya tidak nol (51,06\%). 2) konsep akhir peserta didik sebagai berikut usaha adalah segala sesuatu yang dikerjakan manusia (51,06\%), energi kinetik benda sama jika berada ada satu sistem (84,04\%), energi potensial pegas dipengaruhi oleh massa (91,49\%), benda diam tidak memiliki energi potensial (89,36\%), gaya konservatif dipengaruhi olh lintasan (100\%), dan gaya non konservatif kerjanya tidak nol (82,98\%) 3) bentuk perubahan konseptual adalah bentuk positif dan bentuk negatif dengan sifat retentive dan not retentive} }