relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33286/
title: PENGEMBANGAN SIKAP INKLUSIF DI SEKOLAH  MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM  (Studi di SMA Negeri 8 Yogyakarta)
creator: Muhamad Arwani Munib, NIM : 1620410057
subject: Pendidikan Agama Islam
description: MUHAMAD ARWANI MUNIB, Pengembangan Sikap Inklusif Melalui  Pendidikan Agama Islam (Studi di SMA Negeri 8 Yogyakarta). Tesis. Yogyakarta:  Program Magister Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN  Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018.  Latar belakang penelitian ini adalah kemajemukan bangsa Indonesia dapat  melahiran keuntungan dan kerugian. Jika keberagaman (dalam hal ini agama)  dapat dikelola dengan baik maka akan menghasilkan kerukunan umat beragama.  Akan tetapi jika yang terjadi sebaliknya, maka keragaman tersebut dapat berujung  pada perselisihan, konflik, dan perpecahan bangsa, akibat buruknya pengelolaan  keberagaman. Oleh sebab itu paradigma pendidikan agama Islam yang masih  terbatas pada to know, to do dan to be, harus diarahkan kepada to live together.  Artinya, bahwa kemampuan peserta didik untuk dapat hidup bersama orang lain  yang berbeda etnis, budaya dan agama, semestinya menjadi nilai yang melekat  dalam tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam. Tujuan dari penelitian ini  adalah untuk mengetahui pengembangan sikap inklusif di sekolah melalui  pendidikan agama Islam serta untuk mengetahui strategi pengembangkan  pembelajaran pendidikan agama Islam yang menghargai perbedaan di SMA  Negeri 8 Yogyakarta.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar  SMA Negeri 8 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,  observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna  terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik  kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data yaitu  dengan membandingkan data hasil wawancara dengan observasi.  Hasil penelitian menunjukkan Sikap terbuka terhadap keberagaman dan  perbedaan di SMA Negeri 8 Yogyakarta dikembangkan dengan penguatan dan  dukungan sekolah terhadap kegiatan keagamaan yang menjadi kebijakan serta  peraturan sekolah. Sekolah memberi ruang yang sama bagi seluruh warga sekolah  untuk beraktifitas dan berkreatifitas sesuai dengan agama dan kepercayaan  masing-masing. Perbedaan agama tidak menjadi penghalang bagi peserta didik  dan seluruh warga sekolah untuk saling berinteraksi, berkomunikasi, bahkan  berkolaborasi dalam berbagai kegiatan diantaranya melalui kegiatan Sepeda  Dakwan dan Festifal Anak Muslim (FAM).  Sedang strategi pengembangan pendidikan agama Islam yang menghargai  perbedaan adalah: pertama, melalui kebijakan dan peraturan sekolah yang  memberikan ruang yang sama untuk tiap agama dan kepercayaan. Kedua, materi  pendidikan agama Islam dan budi pekerti dikembangkan dengan wawasan agama  yang menghargai perbedaan. Ketiga, memaksimalkan peran guru pendidikan  agama, sebagai ujung tombak pemahaman penanaman nilai agama yang  menghargai perbedaan, dan keempat dengan membentuk kader agama di sekolah.  Kata Kunci : Pendidikan Agama, Inklusif, Multikultural, Toleransi
date: 2018-06-28
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33286/1/1620410057_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33286/2/1620410057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   Muhamad Arwani Munib, NIM : 1620410057  (2018) PENGEMBANGAN SIKAP INKLUSIF DI SEKOLAH MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi di SMA Negeri 8 Yogyakarta).  Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.