eprintid: 33286
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 6
dir: disk0/00/03/32/86
datestamp: 2019-03-20 02:13:48
lastmod: 2019-03-20 02:13:48
status_changed: 2019-03-20 02:13:48
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Muhamad Arwani Munib, NIM : 1620410057
title: PENGEMBANGAN SIKAP INKLUSIF DI SEKOLAH
MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
(Studi di SMA Negeri 8 Yogyakarta)
ispublished: pub
subjects: P
divisions: pa_i
full_text_status: restricted
keywords: Pendidikan Agama, Inklusif, Multikultural, Toleransi
note: Dr. H. Karwadi, MA
abstract: MUHAMAD ARWANI MUNIB, Pengembangan Sikap Inklusif Melalui
Pendidikan Agama Islam (Studi di SMA Negeri 8 Yogyakarta). Tesis. Yogyakarta:
Program Magister Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN
Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018.
Latar belakang penelitian ini adalah kemajemukan bangsa Indonesia dapat
melahiran keuntungan dan kerugian. Jika keberagaman (dalam hal ini agama)
dapat dikelola dengan baik maka akan menghasilkan kerukunan umat beragama.
Akan tetapi jika yang terjadi sebaliknya, maka keragaman tersebut dapat berujung
pada perselisihan, konflik, dan perpecahan bangsa, akibat buruknya pengelolaan
keberagaman. Oleh sebab itu paradigma pendidikan agama Islam yang masih
terbatas pada to know, to do dan to be, harus diarahkan kepada to live together.
Artinya, bahwa kemampuan peserta didik untuk dapat hidup bersama orang lain
yang berbeda etnis, budaya dan agama, semestinya menjadi nilai yang melekat
dalam tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengembangan sikap inklusif di sekolah melalui
pendidikan agama Islam serta untuk mengetahui strategi pengembangkan
pembelajaran pendidikan agama Islam yang menghargai perbedaan di SMA
Negeri 8 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar
SMA Negeri 8 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna
terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik
kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data yaitu
dengan membandingkan data hasil wawancara dengan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan Sikap terbuka terhadap keberagaman dan
perbedaan di SMA Negeri 8 Yogyakarta dikembangkan dengan penguatan dan
dukungan sekolah terhadap kegiatan keagamaan yang menjadi kebijakan serta
peraturan sekolah. Sekolah memberi ruang yang sama bagi seluruh warga sekolah
untuk beraktifitas dan berkreatifitas sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing. Perbedaan agama tidak menjadi penghalang bagi peserta didik
dan seluruh warga sekolah untuk saling berinteraksi, berkomunikasi, bahkan
berkolaborasi dalam berbagai kegiatan diantaranya melalui kegiatan Sepeda
Dakwan dan Festifal Anak Muslim (FAM).
Sedang strategi pengembangan pendidikan agama Islam yang menghargai
perbedaan adalah: pertama, melalui kebijakan dan peraturan sekolah yang
memberikan ruang yang sama untuk tiap agama dan kepercayaan. Kedua, materi
pendidikan agama Islam dan budi pekerti dikembangkan dengan wawasan agama
yang menghargai perbedaan. Ketiga, memaksimalkan peran guru pendidikan
agama, sebagai ujung tombak pemahaman penanaman nilai agama yang
menghargai perbedaan, dan keempat dengan membentuk kader agama di sekolah.
Kata Kunci : Pendidikan Agama, Inklusif, Multikultural, Toleransi
date: 2018-06-28
date_type: published
pages: 168
institution: UIN Sunan Kalijaga
department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
thesis_type: masters
thesis_name: other
citation:   Muhamad Arwani Munib, NIM : 1620410057  (2018) PENGEMBANGAN SIKAP INKLUSIF DI SEKOLAH MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi di SMA Negeri 8 Yogyakarta).  Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33286/1/1620410057_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33286/2/1620410057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf