<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM DAN\r\nINSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN\r\nDENGAN PENDEKATAN SCIENCE PROCESS SKILLS\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA PADA MATERI\r\nSUHU DAN KALOR"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan panduan praktikum dan\r\ninstrumen penilaian keterampilan dengan pendekatan science process skills, (2)\r\nmengetahui kualitas panduan praktikum dan instrumen penilaian keterampilan\r\ndengan pendekatan science process skills, (3) mengetahui respon siswa dan\r\nketerlaksanaan panduan praktikum dengan pendekatan science process skills, (4)\r\nmengetahui respon guru terhadap instrumen penilaian keterampilan dengan\r\npendekatan science process skills.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D).\r\nPengembangan dilakukan dengan mengacu pada model prosedural. Prosedural\r\npengembangan ini berdasarkan model 4-D yang meliputi 4 langkah yaitu (1) define,\r\n(2) design, (3) develop, (4) disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap\r\ndevelop pada langkah uji coba luas. Instrumen penelitian berupa lembar validasi,\r\nlembar penilaian kualitas produk, lembar angket respon siswa, lembar angket guru,\r\ndan lembar observasi keterlaksanaan. Data kualitatif dianalisis dengan cara\r\nmengubah menjadi data kuantitatif dan mencari rerata skor. Penilaian kualitas\r\nproduk, respon siswa dan guru menggunakan skala Likert dengan 4 skala yang\r\ndibuat dalam bentuk checklist. Sedangkan keterlaksanaan produk menggunakan\r\nlembar deskriptif.\r\nHasil dari penelitian ini adalah (1) telah dikembangkan panduan praktikum\r\nsuhu dan kalor yang memuat 3 percobaan. Sebagai pelengkap dari panduan tersebut\r\nmaka dikembangkan juga produk instrumen penilaian keterampilan. Produk ini\r\ndikembangkan berdasarkan karakteristik pendekatan science process skills terpadu,\r\n(2) kualitas produk yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli\r\nmedia, dan ahli evaluasi memperoleh kategori sangat baik (SB) dengan rerata skor\r\nberturut-turut 3,83; 3,39; 3,81. Penilaian oleh guru fisika memperoleh rerata skor 3\r\ndengan kategori baik (B), (3) respon siswa terhadap panduan praktikum dalam uji\r\ncoba terbatas adalah sangat setuju (SS) dengan rerata skor sebesar 3,38. Hasil dari\r\nketerlaksanaan panduan praktikum pada uji coba luas yaitu kesulitan siswa dalam\r\nmenentukan atau mengidentifikasi variabel. Aspek-aspek yang lain secara\r\nkeseluruhan telah terlaksana, (4) respon guru terhadap produk instrumen penilaian\r\nketerampilan adalah sangat setuju (SS) dengan rerata skor 3,77."^^ . "2018-07-27" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 14690040"^^ . "Ernita Apriani"^^ . "NIM. 14690040 Ernita Apriani"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM DAN\r\nINSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN\r\nDENGAN PENDEKATAN SCIENCE PROCESS SKILLS\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA PADA MATERI\r\nSUHU DAN KALOR (Text)"^^ . . . . . "14690040_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM DAN\r\nINSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN\r\nDENGAN PENDEKATAN SCIENCE PROCESS SKILLS\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA PADA MATERI\r\nSUHU DAN KALOR (Text)"^^ . . . . . "PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM DAN\r\nINSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN\r\nDENGAN PENDEKATAN SCIENCE PROCESS SKILLS\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA PADA MATERI\r\nSUHU DAN KALOR (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM DAN\r\nINSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN\r\nDENGAN PENDEKATAN SCIENCE PROCESS SKILLS\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA PADA MATERI\r\nSUHU DAN KALOR (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM DAN\r\nINSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN\r\nDENGAN PENDEKATAN SCIENCE PROCESS SKILLS\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA PADA MATERI\r\nSUHU DAN KALOR (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM DAN\r\nINSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN\r\nDENGAN PENDEKATAN SCIENCE PROCESS SKILLS\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA PADA MATERI\r\nSUHU DAN KALOR (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM DAN\r\nINSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN\r\nDENGAN PENDEKATAN SCIENCE PROCESS SKILLS\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA PADA MATERI\r\nSUHU DAN KALOR (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM DAN\r\nINSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN\r\nDENGAN PENDEKATAN SCIENCE PROCESS SKILLS\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA PADA MATERI\r\nSUHU DAN KALOR (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM DAN\r\nINSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN\r\nDENGAN PENDEKATAN SCIENCE PROCESS SKILLS\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA PADA MATERI\r\nSUHU DAN KALOR (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM DAN\r\nINSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN\r\nDENGAN PENDEKATAN SCIENCE PROCESS SKILLS\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA PADA MATERI\r\nSUHU DAN KALOR (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #33293 \n\nPENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM DAN \nINSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN \nDENGAN PENDEKATAN SCIENCE PROCESS SKILLS \nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA PADA MATERI \nSUHU DAN KALOR\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Fisika"@en . .