TY - THES N1 - Ika Kartika, M.Pd.Si ID - digilib33293 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33293/ A1 - Ernita Apriani, NIM. 14690040 Y1 - 2018/07/27/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan panduan praktikum dan instrumen penilaian keterampilan dengan pendekatan science process skills, (2) mengetahui kualitas panduan praktikum dan instrumen penilaian keterampilan dengan pendekatan science process skills, (3) mengetahui respon siswa dan keterlaksanaan panduan praktikum dengan pendekatan science process skills, (4) mengetahui respon guru terhadap instrumen penilaian keterampilan dengan pendekatan science process skills. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model prosedural. Prosedural pengembangan ini berdasarkan model 4-D yang meliputi 4 langkah yaitu (1) define, (2) design, (3) develop, (4) disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap develop pada langkah uji coba luas. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar penilaian kualitas produk, lembar angket respon siswa, lembar angket guru, dan lembar observasi keterlaksanaan. Data kualitatif dianalisis dengan cara mengubah menjadi data kuantitatif dan mencari rerata skor. Penilaian kualitas produk, respon siswa dan guru menggunakan skala Likert dengan 4 skala yang dibuat dalam bentuk checklist. Sedangkan keterlaksanaan produk menggunakan lembar deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) telah dikembangkan panduan praktikum suhu dan kalor yang memuat 3 percobaan. Sebagai pelengkap dari panduan tersebut maka dikembangkan juga produk instrumen penilaian keterampilan. Produk ini dikembangkan berdasarkan karakteristik pendekatan science process skills terpadu, (2) kualitas produk yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan ahli evaluasi memperoleh kategori sangat baik (SB) dengan rerata skor berturut-turut 3,83; 3,39; 3,81. Penilaian oleh guru fisika memperoleh rerata skor 3 dengan kategori baik (B), (3) respon siswa terhadap panduan praktikum dalam uji coba terbatas adalah sangat setuju (SS) dengan rerata skor sebesar 3,38. Hasil dari keterlaksanaan panduan praktikum pada uji coba luas yaitu kesulitan siswa dalam menentukan atau mengidentifikasi variabel. Aspek-aspek yang lain secara keseluruhan telah terlaksana, (4) respon guru terhadap produk instrumen penilaian keterampilan adalah sangat setuju (SS) dengan rerata skor 3,77. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Panduan Praktikum KW - Instrumen Penilaian Keterampilan KW - Science Process Skills KW - Suhu dan Kalor M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM DAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN DENGAN PENDEKATAN SCIENCE PROCESS SKILLS UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA PADA MATERI SUHU DAN KALOR AV - restricted EP - 252 ER -