@phdthesis{digilib33294, month = {August}, title = {PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN PEMBELAJARAN KIMIA TEMATIK BERBASIS ADIWIYATA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM.13670027 LAELY YULIANA}, year = {2018}, note = {Karmanto}, keywords = {pengembangan, buku pengayaan guru, kimia tematik, SETS, CTL, limbah pewarnaan batik}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33294/}, abstract = {Adiwiyata merupakan program sekolah berwawasan lingkungan yang mempersyaratkan guru mengintegrasikan materi pendidikan lingkungan hidup berupa isu lokal berwawasan kearifan lokal. Dalam pelaksanaanya guru belum mampu mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup dalam pembelajaran. Guna memenuhi tuntutan tersebut, maka dibutuhkan sebuah buku pengayaan yang memungkinkan guru dapat belajar mandiri dalam mengkonsep pembelajaran untuk sekolah adiwiyata. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan buku pengayaan bagi guru kimia di sekolah adiwiyata dengan model pembelajaran tematik karakteristik SETS dan CTL pada tema limbah pewarnaan batik. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu menilai kelayakan produk yang dikembangkan dan respon pengguna. Pengembangan ini menggunakan model 4D, dengan tahapan define, design, development dan dessiminate, namun pada tahap dessiminate tidak dilaksanakan dalam penelitian ini. Produk yang dikembangkan dikonsultasikan pada dosen pembimbing, dilakukan validasi oleh ahli materi dan media dan 3 peer reviewer, dilakukan penilaian kelayakan oleh ahli materi dan media dan direspon oleh 5 orang guru kimia dengan menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis guna mengetahui kelayakan buku pengayaan yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan oleh ahli materi 78,3\% dengan kategori Layak dan ahli media 100\% dengan kategori Layak. Adapun respon yang diberikan guru positif dengan presentase 89,63\% dan memperoleh kategori Sangat Baik.} }