@phdthesis{digilib33299, month = {August}, title = {PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS MASALAH UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1 MATERI KESETIMBANGAN KIMIA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 13670041 MIFTAH FARID}, year = {2018}, note = {Karmanto, M.Sc.}, keywords = {Pengembangan, Modul Berbasis Masalah, Problem Based Learning, Kesetimbangan Kimia}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33299/}, abstract = {Problem based learning (PBL) merupakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan menggunakan masalah dalam dunia nyata. pendekatan PBL berorientasi pada kemampuan problem solving peserta didik yang menekankan proses identifikasi masalah, analisi masalah, kerjasama dan komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk berupa modul kimia berbasis masalah yang berkualitas, menganalisis kualitas modul berbasis masalah berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media, serta menganalisis respon pengguna modul yaitu guru kimia dan siswa SMA/MA. Modul dikembangkan dengan menggunakan konsep pengembangan 4-D yang dibimbing oleh dosen pembimbing, serta dari masukan dan saran dari dosen ahli, guru dan peserta didik. Uji kualitas dilakukan berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli materi serta respon pengguna. Instrumen penelitian modul berbasis masalah ini berupa angket penilaian kualitas yang meliputi 6 aspek yaitu aspek kelayakan isi, bahasa, layout dan grafika, penyajian, karakteristik modul dan karakteristik PBL. hasil penelitian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul kimia berbasis masalah memiliki karakteristik yang menekankan pada kemampuan problem solving yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan persentase keidealan 87,5 \% dan kualiatas Baik (B) sedangkan menurut penilaian ahli media mendapatkan persentase keidealan 84,8\% dan kualitas Baik (B) dan dari penilaian guru sebesar 94,73 \%. Modul mendapatkan respon positif dari pengguna dengan mendapatkan persentase keidealan dari siswa sebesar 91\% dari siswa dengan kategori kualitas Sangat Baik (SB).} }