eprintid: 33301 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/33/01 datestamp: 2019-02-19 04:32:44 lastmod: 2019-02-19 04:32:44 status_changed: 2019-02-19 04:32:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUTIARA RAHMADHANI, NIM. 14670006 title: PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X MATERI ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT ispublished: pub subjects: pen_kim divisions: jur_pekim full_text_status: restricted keywords: Model pembelajaran Discovery Learning, Berpikir Kreatif, Elektrolit dan Nonelektrolit note: Asih Widi Wisudawati, M.Pd., abstract: Berpikir kreatif adalah kemampuan untuk memandang suatu masalah dari sudut oandang yang berbeda-beda serta kemampuan untuk menciptakan suatu gagasan baru. Aspek ini bertujuan untuk membentuk pribadi peserta didik yang aktif, kritis, dan kreatif hal ini sejalan dengan Salah satu tujuan kurikulum yakni berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik dan (2) pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X di SMA Kolombo pada mata pelajaran kimia materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit. Desain penelitian ini yaitu Posttest-Only Control Design. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar observasi dan angket self Assesment, serta tes hasil belajar berupa posttest. Pengukuran berpikir kreatif ranah afektif menggunakan lembar observasi dan angket self assesment menggunakan skor acuan penilaian, sedangkan pengukuran hasil belajar menggunakan soal Posttest dengan teknik analisis data menggunakan uji statistika nonparametrik, yaitu Mann-Whitney. Hasil penelitian ini (1) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif ranah kognitif dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 0,05. (2) terdapat pengaruh kemampuan berpikir kreatif ranah afektif dibuktikan dengan hasil skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 2,30 dan kelas kontrol 1,77. Hal ini dibuktikan pula dengan hasil skor rata-rata self assesment pada kelas eksperimen sebesar 0,76 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,61. Kata Kunci: Model pembelajaran Discovery Learning, Berpikir Kreatif, Elektrolit dan Nonelektrolit. date: 2018-08-28 date_type: published pages: 216 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MUTIARA RAHMADHANI, NIM. 14670006 (2018) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X MATERI ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33301/1/14670006_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33301/2/14670006_BAB%20II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf