TY - THES N1 - Shidiq Premono, M.Pd ID - digilib33310 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33310/ A1 - YUNIATUL CHASANAH, NIM. 14670025 Y1 - 2018/08/21/ N2 - Implementasi kurikulum 2013 mengakibatkan adanya program lintas salah satunya lintas minat kimia. Lintas minat kimia diperuntukkan untuk pe didik diluar program peminatan MIPA, salah satunya IIS. Pemilihan kelas l minat diharuskan sesuai dengan bakat dan minat dari peserta didik. Akan t pada kenyataannya setiap peserta didik tidak dapat memilih mata pelajaran l minat sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki, dikarenakan beberapa yang mungkin menjadi kebijakan dari sekolah. Sehingga hal tersebut berpengaruh pada kesiapan dan antusiasme belajar peserta didik terh pembelajaran lintas minat yang diikuti. Kesiapan belajar merupakan kondisi memungkinkan peserta didik dapat menguasai pengetahuan dan kecakapan serta membuatnya siap untuk memberi respon dalam suatu proses pembelaj dengan baik. Antusiasme belajar peserta didik merupakan suatu sikap p yang timbul dari diri peserta didik tanpa adanya paksaan, berupa perasaan se luar biasa yang ditandai dengan adanya respon, perhatian, konsentrasi, kem dan kesadaran untuk melibatkan diri dalam proses pembelajaran. Penelitia bertujuan untuk mengkaji kesiapan dan antusiasme belajar peserta didik proses pembelajaran lintas minat kimia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan te pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kual dari spradely. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Kesiapan pe didik dengan rata-rata sebesar 72,3% (baik) dan Antusiasme peserta didik de rata-rata sebesar 71% (baik) di kelas X IIS lintas minat kimia. 2) Hasil obse dan wawancara bertolak belakang dengan hasil angket yang menyatakan ba kurangnya kesiapan (fisik, psikis dan strategi belajar) dan antusiasme (respo konsentrasi, perhatian, kesadaran, kemauan belajar dan keterlibatan diri) be dari peserta didik, karena ada yang berminat dan tidak berminat. 3) Pr pembelajaran lintas minat kimia telah dilaksanakan, akan tetapi ada beberap yang harus diperhatikan diantaranya, Silabus dan RPP disamakan dengan pro peminatan MIPA; Peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi k terutama perhitungan seperti redoks dan hukum dasar kimia; Hasil belajar pe didik dalam PTS semester genap masih rendah belum dapat mencapai KKM 70. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kesiapan belajar KW - Antusiasme belajar KW - Proses pembelajaran lintas minat kimia M1 - skripsi TI - KESIAPAN DAN ANTUSIASME BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN LINTAS MINAT KIMIA KELAS X IIS DI SMA NEGERI 1 SALAMAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2017/2018 AV - restricted EP - 267 ER -