%A NIM. 13210020 ILMA NAFIANA %O Saptoni, S.Ag., M.A. %T DESAIN KOMUNIKASI VISUAL AKUN INSTAGRAM @manjadda.wajada SEBAGAI MEDIA DAKWAH %X Penelitian ini menganalisis desain komunikasi visual akun Instagram @manjadda.wajada sebagai media dakwah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis unsur-unsur desain komunikasi visual dan prinsip-prinsip desain komunikasi visual yang terdapat dalam akun Instagram @manjadda.wajada sebagai media dakwah. Dakwah dapat disampaikan melalui berbagai cara, misalnya desain. Penelitian ini menggunakan teori desain komunikasi visual yang difokuskan pada unsur-unsur desain komunikasi visual berupa warna, tipografi dan ilustrasi, juga pada prinsip-prinsip desain komunikasi visual berupa prinsip keseimbangan, prinsip penekanan dan prinsip kesatuan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif, yang difokuskan pada desain komunikasi visual yang terdapat pada posting-an akun Instagram @manjadda.wajada. penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman Punch. Hasil penelitian ini adalah desain yang terdapat dalam akun Instagram @manjadda.wajada menerapkan unsur-unsur desain komunikasi yang berupa warna, ilustrasi dan fotografi, juga prinsip-prinsip desain komunikasi visual diantaranya prinsip keseimbangan, prinsip penekanan dan prinsip kesatuan yang menghasilkan desain dengan pesan dakwah yang menarik dan mudah dipahami. %K Desain, Dakwah, Instagram %D 2018 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib33350