TY - THES N1 - Drs. H. Ahmad Rodli, M.Si. ID - digilib33447 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33447/ A1 - HAMZAH DAL ALIF ASSAYYAF, NIM. 11420079 Y1 - 2018/08/31/ N2 - Penguasaan bahasa asing menjadi hal paling urgen dalam menghadapi persaingan global saat ini. Perkembangan teknologi dan era globalisasi saat ini telah mendorong sekolah-sekolah untuk megajarkan bahasa asing dalam pembelajarannya. Begitu pentingnya bahasa asing, bahkan usia kategori pra sekolah-pun mulai dikenalkan dengan bahasa ? bahasa asing tersebut. Banyak lembaga pendidikan pra sekolah mulai memberikan mata pelajaran bahasa asing kepada peserta didik. Namun apakah pengajaran bahasa asing pada anak usia pra sekolah sudah sesuai dengan perkembangan kognitifnya. Sebagai salah satu lembaga pendidikan pra sekolah, TK Islam Tunas Melati Yogyakarta juga mulai mengenalkan bahasa Arab kepada para peserta didiknya. Dalam penelitian ini, penulis ingin mendeskripsikan bagaimana proses pengajaran bahasa Arab di TK Islam Tunas Melati Yogyakarta dan menjelaskan sedikit pandangan teori perkembangan kognitif Jean Piaget dalam proses pengajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan objek studi kasus di TK Islam Tunas Melati Yogyakarta. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan beberapa metode seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data dan subyek penelitian ini meliputi: kepala sekolah, dewan guru dan peserta didik TK Islam Tunas Melati Yogyakarta. Analisis data bersifat deduktif (memakai teori yang sudah mapan sebagai pisau analisis pada data lapangan) dan induktif (mengumpulkan data-data di lapangan untuk selanjutnya dianalisis dan ditarik kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pengajaran bahasa Arab di TK Islam Tunas Melati Yogyakarta sebagian besar mengacu pada prinsip teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Dalam Teori tersebut dikatakan bahwa anak pada usia pra sekolah sudah memiliki fungsi simbolik dan intuitif yang aktif. Kedua fungsi ini yang dapat membantu peserta didik dalam melakukan pemerolehan bahasa kedua. Materi yang disampaikan disesuaikan dengan perkembangan kognitif peserta didik. Metode pengajaran yang dilakukan oleh guru adalah metode yang dapat meningkatkan peran aktif peserta didik dalam pembelajarannya. Namun para guru juga dituntut untuk senantiasa melakukan kreasi dalam proses pengajarannya, guna membangkitkan minat peserta didik dalam mempelajari bahasa Arab. Kata Kunci : TK Islam Tunas Melati Yogyakarta Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget PB - UIN Sunan Kalijaga KW - TK Islam Tunas Melati Yogyakarta Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget M1 - skripsi TI - PENGAJARAN BAHASA ARAB DI TK (TAMAN KANAK ? KANAK) ISLAM TUNAS MELATI UMBULHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018 AV - restricted EP - 122 ER -