%A NIM: 11420132 Bisri Masruri %O Drs. H. Ahmad Rodli, M.SI %T STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS “ULA” MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN DARUL MUSHLIHIN PUTRA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017-2018 %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas “Ula” Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Darul Mushlihin Putra Banguntapan Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan cara berfikir induktif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data penelitian adalah kepala madin, guru bahasa Arab dan santri kelas Ula. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu, reduksi data, display data, kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi pembelajaran bahasa Arab di kelas Ula Madrasah Diniyah Darul Mushlihin Putra menggunakan strategi pembelajaran tata bunyi (al-Aṣwat al-Lugawiyah) dan strategi pembelajaran kosakata bahasa Arab (mufradat). (2) faktor pendukung yaitu menggunakan kitab Durusul Durūsul lugah al-‘Arabiyah sehingga memudahkan guru dan santri dalam mempelajari bahasa Arab, pondok mewajibkan penggunaan bahasa Arab secara aktif. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya sarana dan prasarana penunjang pembelajaran bahasa Arab, dan Terbatasnya waktu yang tersedia untuk belajar bahasa Arab. Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran Bahasa Arab, Madrasah Diniyah %K Strategi, Pembelajaran Bahasa Arab, Madrasah Diniyah %D 2018 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib33462