<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNALARAS DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA"^^ . "Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran yang\r\nditerapkan kepada anak tunalaras berbeda dengan anak lainnya. Hal ini disebabkan\r\nkarena kondisi psikis mereka yang berbeda dengan anak pada umumnya. Oleh karena\r\nitu guru sebagai orang yang mendidik mereka disekolah dituntut untuk lebih sabar.\r\nSelain itu, lingkungan keluarga juga harus mendukung pendidikan bagi anak\r\ntunalaras karena salah satu penyebab ketunalarasan bagi anak adalah perpisahan\r\norang tua (perceraian) sehingga anak menjadi kurang perhatian. Beberapa masalah\r\npembelajaran pendidikan agama islam di SLB E Prayuwana Yogyakarta diantaranya\r\npertama, guru pendidikan agama islam adalah lulusan dari sarjana hukum, sehingga\r\nmasih harus beradaptasi dengan kondisi siswa. Kedua, kurangnya partisipasi orang\r\ntua dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Akibatnya terkadang siswa tidak masuk\r\nsekolah. Bahkan saat ujian adapula anak yang tidak masuk sehingga guru harus\r\nmenjemput anak ke rumah. Ketiga, fasilitas yang menunjang pendidikan agama islam\r\nbagi anak tunalaras pun masih kurang. Seperti mushola yang kurang memadai di\r\nsekolah, padahal mushola adalah fasilitas penting bagi pembelajaran pendidikan\r\nagama islam sendiri\r\nPengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara semi\r\nterstruktur, dan dokumentasi. Analisis data meliputi trianggulasi sumber, trianggulasi\r\nteknik,trianggulasi waktu.\r\nHasil penelitian ini bahwa: (1) Problematika pembelajaran pendidikan agama\r\nislam yang dihadapi oleh anak tunalaras di SLB E Prayuwana Yogyakarta : (a).\r\nTujuan pendidikan agama islam bagi anak tunalaras adalah merubah sikap, perilaku\r\natau akhlak. Namun, sulit dicapai karena kemampuan siswa yang rendah. (b).\r\nDisamakannya kurikulum pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak tunalaras\r\ndengan sekolah umum sehingga sulit diterapkan pada anak tunalaras. (c). Background\r\nguru pendidikan agama islam bukan berasal dari pendidikan dan kesibukan guru\r\npendidikan agama islam yang mengakibatkan guru hanya masuk dua hari dalam\r\nseminggu sehingga sulit bagi guru untuk memantau keadaan siswa. (d). Ruang kelas\r\nyang sempit sehingga mengakibatkan ketidaknyamanan bagi siswa dalam belajar dan\r\nSDM yang kurang memadai ssehingga fasilitas yang sudah ada seperti e-learning\r\ntidak dapat digunakan secara maksimal. (e). Keadaan siswa di SLB E Prayuwana\r\nYogyakarta sangat sedikit yang aktiv masuk sekolah, bahkan sudah terbiasa masuk\r\nseminggu atau sebulan sekali dan orang tua siswa kebanyakan berasal dari keluarga\r\ndengan ekonomi lemah bahkan ada siswa yang berasal dari keluarga broken home\r\nsehingga orang tua fokus untuk mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga yang\r\nakhirnya menyebabkan anak kekurangan perhatian dari keluarga. (2) Solusi untuk\r\nmengatasi problematika pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak tunalaras di\r\nxiii\r\nSLB E Prayuwana Yogyakarta diperoleh dari kepala sekolah, guru dan keluarga.(a).\r\nMemberikan contoh atau tauladan yang dapat dilihat secara langsung oleh siswa,\r\nmendidik dengan kelemah-lembutan juga merupakan bentuk perhatian guru terhadap\r\nanak didik dan memberi pemahaman kepada anak tentang adanya balasan di akhirat\r\nbagi orang yang melakukan perbuatan yang tidak baik. (b). Menyesuaikan materi\r\ndengan kemampuan siswa, kondisi siswa serta guru harus selalu berinovasi dan\r\nmemiliki kreativitas untuk menyampaikan materi agar anak tidak mudah jenuh dan\r\nmemiliki semangat dalam belajar. (c). Guru pendidikan agama islam berkerjasama\r\ndengan guru kelas sehingga nantinya guru kelas yang bertugas memantau kondisi\r\nanak dan dilaporkan kepada guru pendidikan agama islam. Jadi saat menyampaikan\r\nmateri guru pendidikan agama islam sudah mengetahui tentang kondisi dan keadaan\r\nsiswa. (d). Memanfaaatkan sarana dan prasarana yang ada bahkan memakai HP\r\npribadi untuk membuat siswa merasa lebih nyaman dan tidak mengalami kejenuhan\r\nsaat proses belajar mengajar berlangsung.(e). Menjemput siswa kerumah untuk\r\nmasuk sekolah dan mengadakan pertemuan rutin dengan orang tua siswa dua kali\r\ndalam satu tahun pada setiap pembagian rapot siswa"^^ . "2018-08-23" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 11470006"^^ . "DESI WIDYANINGSIH"^^ . "NIM. 11470006 DESI WIDYANINGSIH"^^ . . . . . . "PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNALARAS DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "11470006_BAB I, V_DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNALARAS DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNALARAS DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNALARAS DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNALARAS DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNALARAS DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNALARAS DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNALARAS DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNALARAS DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNALARAS DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #33485 \n\nPROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNALARAS DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Kependidikan Islam"@id . .