%0 Thesis %9 Skripsi %A SRI WAHYU LESTARI, NIM. 11470012 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2018 %F digilib:33486 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Karakter, Peserta Didik, Penanaman Karakter %P 132 %T PERAN BUDAYA TADARUS AL-QURAN DI SEKOLAH DALAM PENANAMAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK DI MTS MUHAMMADIYAH MONGGOL SAPTOSARI GUNUNGKIDUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33486/ %X Latar Belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil yang dicapai dari peran budaya Tadarus Al-Quran dalam penanaman karakter pada peserta didik di MTs Muhammadiyah Monggol Saptosari dan untuk mengetahu pelaksanaan dari budaya tadarus Al-Quran dan faktor yang menghambat dan mendukung dari proses pelaksanaan.Kegiatan budaya tadarus Al-Quran merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk penanaman karakter pada peserta didik, karena budaya tadarus itu membaca setiap ayat-ayat Al-Quran bukan hanya membaca saja akan tetapi peserta didik diharapkan mampu memahami dan mengamalkan dari setiap kandungan-kandungan ayat Al-Quran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan metode pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan dengan memilih dan memutuskan data yang muncul dari lapangan, kemudian menyusun pola hubungan dalam bentuk naratif kemudian menarik kesimpulan dari data-data yang diperoleh. Verifikasi dilakukan dalam bentuk penyajian dan penarikan kesimpulan dari data-data yang telah terkumpul dilapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) bagaimana proses pelaksanaan tadarus Al- Quran di MTs Muhammadiyah Monggol Saptosari Gunungkidul (2) apa faktor penghambat dan pendukung proses pelaksanaan tadarus Al-Quran di MTs Muhammadiyah Monggol Saptosari Gunungkidul (3) hasil yang dicapai dari peran budaya sekolah tadarus Al-Quran dalam penanaman karakter Religius, Kejujuran, Kedisiplinan pada peserta didik. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa budaya tadarus berperan dalam pembentukan karakter pada peserta didik, hal ini terbukti dari perkembangan peserta didik dari waktu kewaktu semakin baik, contohnya pada karakter Religius peserta didik semakin terlihat baik dalam bidang keagamaan yaitu shalat dan bacaan Al-Quran, untuk karakter kejujuran salah satunya dalam melaksanakan ujian peserta didik tidak mencontek dan untuk karakter kedisiplinan peserta didik tepat waktu dalam berangkat sekolah %Z Drs. H.Mangun Budiyanto,M.S.I.