relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33508/ title: STUDI KOMPARASI PRESTASI MAHĀRAH AL-KALĀM ANTARA SANTRI PUTRA DAN SANTRI PUTRI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA T.A 2017/2018 DALAM PERSPEKTIF GENDER creator: ZULFA IRNI, NIM: 14420009 subject: Bahasa Arab description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pada prestasi Mahārah Al-Kalām antara santri putra dan santri putri SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbandingan prestasi Mahārah Al-Kalām antara santri putra dan santri putri SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta jika ditinjau dari perspektif gender. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dan menggunakan pendekatan kombinasi (mixed methods) yang menggabungkan dua metode analisis data yaitu kuantitatif dan kualitatif. Obyek penelitian adalah sebagian santri SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta yang berjumlah 40 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, interview (wawancara), dokumentasi dan tes yang mencakup tes Mahārah Al-Kalām. Analisis data yang digunakan adalah analisis Independent T Test (Uji T) serta memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan kemudian diinterprestasikan dan diberi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pada prestasi Mahārah Al-Kalām antara santri putra dan santri putri SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil sigifikansi sebesar 0,000, nilai tersebut lebih kecil dari taraf nilai signifikansi sebesar 0,05. Selanjutnya jika dilihat dari perolehan masing-masing mean kedua kelompok santri yaitu santri putra sebesar 79,65 dan santri putri sebesar 89,10, hal ini menunjukkan bahwa rata-rata Mahārah Al-Kalām santri putra lebih kecil santri putri dengan selisih -9,45. (2) Penyebab terjadinya perbedaan prestasi Mahārah Al-Kalām antara santri putra dan santri putri SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta ditinjau dari perspektif gender, diantaranya (a) Tujuan Pembelajaran Mahārah Al-Kalām secara implisit menunjukkan adanya kepedulian agar santri putra dan santri putri sama-sama dapat memiliki kemampuan berbicara dalam bahasa Arab dengan baik (b) Dalam perlakuan/pendekatan yang diberikan oleh guru kepada santri terdapat kesenjangan yang disebabkan oleh aspek gender dimana guru lebih banyak memberikan perhatian kepada santri putri dibandingkan santri putra sehingga dapat mempengaruhi prestasi atau motivasi santri untuk berprestasi dengan gemilang (c) lingkungan berbahasa dan (d) sikap dan keaktifan santri. Kata kunci: Komparasi, Prestasi, Mahārah Al-Kalām, Gender date: 2018-08-07 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33508/1/14420009_BAB%20I_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33508/2/14420009_BAB%20II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf identifier: ZULFA IRNI, NIM: 14420009 (2018) STUDI KOMPARASI PRESTASI MAHĀRAH AL-KALĀM ANTARA SANTRI PUTRA DAN SANTRI PUTRI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA T.A 2017/2018 DALAM PERSPEKTIF GENDER. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.