TY - THES N1 - Muhammad Ja'far Shodiq, M.S.I. ID - digilib33510 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33510/ A1 - Amaliya Sholihah, NIM: 14420010 Y1 - 2018/08/28/ N2 - Dalam panduan Al-?Arabiyah Lin-Nasyi?in, idealnya Al-?Arabiyah Lin-Nasyi?in 1 jilid dipelajari dalam 1 tahun pembelajaran, akan tetapi di kelas takhasus MBS Yogyakarta 3 jilid dipelajari dalam 1 tahun. Tujuan dalam penelitian ini akan mendeskripsikan metode dan strategi yang dipakai selama proses pembelajaran Al-?Arabiyah Lin-Nasyi?in di Kelas Takhasus. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi model Concurent Embedded, dimana metode kualitatif sebagai metode primer dan metode kuantitatif sebagai metode sekunder. Sumber data pada penelitian ini adalah bagian kurikulum, guru dan siswa kelas Takhasus Pondok Pesantren MBS Yogyakarta dan semua pihak yang dianggap perlu untuk dimintai keterangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: (1) Pembelajaran Al-?Arabiyah Lin-Nasyi?in di kelas Takhasus meliputi perencanaan yang dibuat oleh kurikulum pesantren dan guru. Pelaksanaan pembelajaran yang meliputi waktu, tujuan, materi, dan metode strategi. Selanjutnya ada penilaian pembelajaran (evaluasi). (2) Dalam proses penerapan metode dan strategi pembelajaran Al-?Arabiyah Lin-Nasyi?in di kelas Takhasus pondok pesantren MBS Yogyakarta, para guru tidak hanya menerapkan satu metode dan strategi dalam pembelajarannya. Melainkan bisa mengkolaborasikan beberapa metode atau strategi dalam sekali pembelajaran. Salah satu metode yang sering digunakan adalah metode langsung dengan strategi berpusat kepada guru. (3) Keberhasilan pembelajaran, dibuktikan dari tes semester genap yang telah dilaksanakan oleh Asatid|. Nilai dari 81 orang santri terdapat 47 yang mendapat predikat A (58%), maka pembelajaran dinyatakan berhasil. Kata Kunci : Pembelajaran Al-Arabiyah Lin-Nasyi?in, Metode dan Strategi PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Pembelajaran Al-?Arabiyah Lin-Nasyi?in KW - Metode dan Strategi M1 - skripsi TI - PEMBELAJARAN Al-?ARABIYAH LIN-NA