eprintid: 33523 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/35/23 datestamp: 2019-03-15 00:34:31 lastmod: 2019-03-15 00:34:31 status_changed: 2019-03-15 00:34:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: UMI KHOFIFAH, NIM : 14420025 title: EKSPERIMENTASI MEDIA PERMAINAN EDUKATIF AL-TAMṠĪL AL- ṢĀMIT DALAM PEMBELAJARAN MUFRADĀT TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS VII MTS NEGERI 9 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018 ispublished: pub subjects: B divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Media, Permainan Edikatif Al-Tamṡīl Al- Ṣāmit , Mufradāt note: Rohmatun Lukluk Isnaini, S.Pd.I., M.Pd.I. abstract: Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya kreatifitas guru dalam menggunakan media pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri 9 Bantul Yogyakarta. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan media permainan edukatif Al-Tamṡīl Al- Ṣāmit sebagai sebuah inovasi pemanfaatan media belajar. Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui proses pembelajaran mufradāt dengan media permainan edukatif Al-Tamṡīl Al- Ṣāmit dan mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran mufradāt antara kelas eksperimen yang menggunakan media permainan edukatif Al-Tamṡīl Al- Ṣāmit dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media permainan edukatif Al-Tamṡīl Al- Ṣāmit. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tes dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model pretes, posttest control group design. Obyek yang digunakan adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji independent samples t-test melalui software SPSS 23.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 65,5 sedangkan nilai posttest kelas eksperimen sebesar 77,88. Sedangkan Uji “t” nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menghasilkan nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada penguasaan mufradāt antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Dari hasil analisis semua data, menunjukkan bahwa media permainan edukatif Al-Tamṡīl Al- Ṣāmit dapat digunakan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar mufradāt peserta didik kelas VII MTs Negeri 9 Bantul Yogyakarta TA. 2017/2018. Kata Kunci : Media, Permainan Edikatif Al-Tamṡīl Al- Ṣāmit , Mufradāt date: 2018-08-27 date_type: published pages: 165 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: UMI KHOFIFAH, NIM : 14420025 (2018) EKSPERIMENTASI MEDIA PERMAINAN EDUKATIF AL-TAMṠĪL AL- ṢĀMIT DALAM PEMBELAJARAN MUFRADĀT TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS VII MTS NEGERI 9 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33523/1/14420025_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33523/2/14420025_BAB%20II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf