TY - THES N1 - Dr. Ahmad Arifi, M. Ag ID - digilib33531 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33531/ A1 - Eka Saptaning Pratiwi, NIM. 1420430003 Y1 - 2018/08/24/ N2 - Pendidikan anak usia dini sudah ada sejak lama bahkan sejak masa pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia. Pemerintah kolonial Belanda mendirikan sebuah sekolah untuk anak-anak di bawah usia tujuh tahun dengan nama Frobel School. Bagi Ki Hadjar Dewantara Frobel School yang membawa nama seorang tokoh pendidikan anak usia dini Jerman Friedrich Froebel sangat berbeda dengan apa yang Fredrich Froebel inginkan sebagai sekolah untuk anakanak. Ki Hadjar Dewantara memahami sekolah bentukan Froebel yang sebenarnya ialah Kindergarten yang bermakna taman untuk anak-anak, oleh karena itu dari nama Frobel School Ki Hadjar Dewantara beranggapan bahwa nama untuk sekolah anak di bawah tujuh tahun tidak seharusnya menggunakan nama sekolah atau school dalam bahasa Belanda. Ki Hadjar Dewantara lebih memilih menggunakan sebutan taman untuk sekolah anak-anak di bawah tujuh tahun. Ada dua rumusan masalah yang akan menjadikan fokus pada penelitian ini. Rumusan masalah tersebut meliputi : 1.apa konsep pendidikan anak usia dini menurut Ki Hadjar Dewantara?2.Bagaimana implementasi konsep pendidikan anak usia dini Ki Hadjar Dewantara di Taman Indrya? Penelitian ini merupakan library research dengan bentuk deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Metode yang peneliti gunakan untuk memperoleh data tentang seting sosial, pemikiran dan strategi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dengan menggunakan pendekatan historis. Sumber data pada penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu; a. Sumber data primer, data ini diperoleh dari buku Taman Indrya oleh Ki Hdjar Dewantara yang berjudul Taman-Indrya Nationale Frobelschool nama lain dari Kindergarten. Dari hasil penelitian diketahui Pendidikan anak usia dini menurut Ki Hadjar Dewantara adalah pendidikan prasekolah ynag dirancang melalui permainan-permainan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, namun juga menekankan bahwa pendidikan merupakan aktivitas diri yang mengarah pada pembentukan disiplin pribadi, kemandirian dan pengarahan diri. Ciri khas pendidikan anak usia dini di Taman Indrya adalah permainan tradisional sebagai bahan pembelajaran dan latihan panca indera. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pedidikan Anak Usia Dini KW - Taman Indrya KW - Ki Hadjar Dewantara M1 - masters TI - PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT KI HADJAR DEWANTARA AV - restricted EP - 173 ER -