eprintid: 33533 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/35/33 datestamp: 2019-03-20 02:16:23 lastmod: 2019-03-20 02:16:23 status_changed: 2019-03-20 02:16:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aisyam Mardliyyah, NIM : 14420036 title: PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V MI MA’ARIF BEGO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/ 2018 ispublished: pub subjects: B divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga note: Drs. Dudung Hamdun, M.Si abstract: Aisyam Mardliyyah, Pengembangan Media Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas V MI Ma’arif Bego Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan ular tangga dalam pembelajaran bahasa Arab dan mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Ma’arif Bego Sleman Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan 8 tahapan, yaitu identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket ahli materi, ahli media, peer reviewer dan respon siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam persentase. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tersusunya media permainan ular tangga dalam pembelajaran bahasa arab kelas V tingkat Madrasah Ibtidaiyah dengan kriteria “Sangat Baik” berdasarkan penilaian ahli materi dengan persentase 84,61%, penilaian ahli media dengan persentase 91,11%, dan penilaian peer reviewer dengan persentase 84,67%. 2) Respon siswa dalam uji coba lapangan secara keseluruhan memperoleh kategori penilaian “Positif” dengan persentase 89,58% serta adanya pengaruh media terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai pre-test kelompok terbatas(49), kelompok luas (41) dan hasil rata-rata nilai post-test kelompok terbatas (90), kelompok luas (89). Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukkan bahwa media permainan ular tangga dalam pembelajaran bahasa Arab kelas V MI yang telah dikembangkan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga date: 2018-07-11 date_type: published pages: 164 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Aisyam Mardliyyah, NIM : 14420036 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V MI MA’ARIF BEGO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/ 2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33533/1/14420036_BAB%20I_IV%20atau%20V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33533/2/14420036_BAB%20II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf