TY - THES N1 - Agung Setiyawan, S.Pd.I, M.Pd.I ID - digilib33549 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33549/ A1 - Nispu Karomatul Aulia, NIM. 14420060 Y1 - 2018/08/20/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian Field Research. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan cara berpikir induktif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data penelitian adalah dari kepala madrasah, guru nahwu shorof, guru sorogan, staff kurikulum, staff tata usaha dan santri mustaw? r?bi?ah. Sedangkan metode analisis data yang digunakan penulis yaitu reduksi data, display data dan kesimpulan & verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Idealita disesuaikan dengan tujuan khusus suatu pembelajaran dibagi menjadi 3 tingkatan yaitu tingkat pemula, tingkat menengah dan tingkat lanjut. Idealita pembelajaran di Madrasah Salafiyah III Al-Munawwir Krapyak meliputi (a) Tingkat pemula, mustaw? i?d?diyah yaitu membaca lancar, membaca masih menggunakan harakat dan mustaw? awwal yaitu membaca lancar, memahami kalimat isim, fiil dan huruf, membaca masih menggunakan harakat. (b) tingkat menengah, mustaw? ??niyah yaitu membaca lancar, memahami kalimat isim, fiil, huruf, I?rob, sighot dan membacanya masih menggunakan harakat dan mustaw? ??li?ah yaitu membaca lancar, memahami kalimat isim, fiil, huruf, I?rob, sighot dan membaca tanpa menggunakan harakat. (c) tingkat lanjut, mustaw? r?bi?ah yaitu membaca lancar memahami kalimat isim, fiil, huruf, I?rob, sighot, membaca tanpa menggunakan harakat dan mengetahui murodh atau maksud isi kitab dan mustaw? kh?misah yaitu sudah bisa membaca kitab. (2) Pelaksanaan pembelajaran mah?rah qir??ah al-kutub dibagi menjadi dua yaitu (a) pembelajaran teori nahwu shorof di kelas diniyah lailiyah dan (b) pembelajaran mah?rah qir??ah al-kutub dengan metode sorogan. (3) Realita pembelajaran mah?rah qir??ah al-kutub dilihat dari dua penilaian yaitu penilaian pembelajaran nahwu shorof dari ujian tulis dan penilaian qir??atul kutub dari ujian lisan. Berdasarkan hasil penilaian yang sudah dilakukan guru bahwa kemampuan santri mustaw? r?bi?ah sepadan artinya kemampuan santri yang belum bisa mampu mengejar santri yang sudah bisa membaca kitab. Kata kunci : idealita, realita, mah?rah qir??ah al-kutub. PB - UIN Sunan Kalijaga KW - idealita KW - realita KW - mah?rah qir??ah al-kutub. M1 - skripsi TI - Ta'lim maharah qira'at al kutub li tulab al mustaway al rabi'ah fi al madrasah al salafiyyah al thalithah bi al ma'had al munawwir Krapyak Yogyakarta fi al 'am al dirasiy 2017-2018 AV - restricted EP - 167 ER -