%0 Thesis %9 Skripsi %A Yunita Laila Zulfa, NIM. 14420069 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2018 %F digilib:33555 %I UIN Sunan Kalijaga %K Implementasi Pendekatan Saintifik, pembelajaran Bahasa, bagi Tunanetra %P 161 %T IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI TUNANETRA DI MTs. YAKETUNIS YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017-2018 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33555/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum tentang implementasi pendekatan SAINTIFIK dalam pembelajaran Bahasa Arab bagi tunanetra serta faktor pendukung dan penghambat implementasi pendekatan SAINTIFIK dalam pembelajaran Bahasa Arab bagi tunanetra di MTs. Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif-kualitatif, mengambil subjek penelitian di MTs. Yaketunis Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observsi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) implementasi Pendekatan Saintifik di MTs. Yaketunis meliputi lima kegiatan yaitu : mengamati, menanya, menalar, mengolah, menyimpulkan dan terakhir adalah mengkomunikasikan. Yang memebedakan dengan peserta didik normal adalah media pembelajaran dan indera yang digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan yang membedakan implementasi pendekatan Saintifik peserta didik tunanetra dengan peserta didik normal adalah pada mengamati untuk peserta didik normal bisa mengamati dengan indera penglihatan kalau tunanetra kegiatan mengamati hanya dengan menggunakan indera pendengar dan peraba. (2) faktor pendukung pelaksanaan model pembelajaran SAINTIFIK proses pelajaran Bahasa Arab di MTS Yaketunis adalah : 1. antusias peserta didik, 2. ketersediaan buku ajar bagi guru, 3. pembelajaran yang menyenangkan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah : 1. belum adanya buku bahan ajar berbentuk braille untuk peserta didik, 2. kurangnya media pembelajaran yang tersedia. Solusi yang digunakan guru untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan membacakan dan mendekte materi pelajaran. Kata Kunci Implementasi Pendekatan Saintifik, pembelajaran Bahasa, bagi Tunanetra %Z Drs. H. Syamsuddin Asrofi, MM