TY - THES N1 - Dr. Sukiman, M.Pd ID - digilib33561 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33561/ A1 - Afif Nur Asafu, NIM.1620410020 Y1 - 2018/10/22/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan kepala madrasah dan kinerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Mafatikhul Huda Jagasima, kepemimpinan yang dimaksud disini meliputi tipe atau gaya kepemimpinan, karakteristik kepemimpinan, fungsi kepemimpinan dan juga peran kepemimpinan yang dipakai oleh kepala madrasah MTs Mafatikhul Huda dalam menjalankan roda kepemimpinanan nya. Disisi lain penenelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kinerja guru dan mutu pendidikan di MTs Mafatikhul Huda Jagasima, Kinerja guru disini meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Sedangankan yang di maksud mutu pendidikan disini adalah input, proses, dan output yang ada di MTs Mafatikhul Huda Jagasima. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field research) dengan metode kualitatif. Data diperoleh dan dikumpulkan melalui informan yang terpercaya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dari hasil penelitian ini, di lakukan berdasarkan analisis deskriftif, sebagaimana yang dikembangkan oleh miles dan huberman mengemukakan bahwa aktifitas dalam analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan dan kinerja guru memiliki peran yang baik dalam rangka meningkatkan mutu sebuah lembaga pendidikan. Peran kepemimpinan kepala madrasah dan kinerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Mafatikhul Huda memiliki peran yang cukup baik. Tipe kepemimpinan kepala madrasah di MTs Mafatikhul Huda Jagasima adalah tipe kepemimpinan demokratis, hal tersebut bisa dibuktikan dengan sikap kepala madrasah dalam mengambil sebuah keputusan. Sedangkan peran madrasah kepala madrasah di MTs Mafatikhul Huda memiliki berbagai peran diantaranya kepala madrasah sebagai educator, sebagai motivator, kepala madrasah sebagai supervisor. sebagai contoh peran kepala madrasah sebagai educator kepala madrasah mengikutkan guru untuk mengikuti pelatihan. Kinerja guru di MTs Mafatikhul Huda dapat dikatakan baik, karena semua guru telah memiliki empat kompetensi. Mutu pendidikan di MTs Mafatkhul huda dikatakan baik hal tersebut dibuktikan dengan akreditasi yang dimiliki lembaga yaitu akreditasi B PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah KW - Kinerja Guru KW - Dan Mutu Pendidikan M1 - masters TI - PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs MAFATIKHUL HUDA JAGASIMA KLIRONG KEBUMEN AV - restricted EP - 198 ER -