TY - THES N1 - Agung Setiyawan, M.Pd.I. ID - digilib33567 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33567/ A1 - ZAKIYATUL AMANAH, NIM: 14420070 Y1 - 2018/08/27/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah karena siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa Arab. Kesulitan ini disebabkan oleh kurangnya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran, sehingga siswa menjadi kurang tertarik dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, muncullah ide untuk menggunakan media Pop-Up sebagai media pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran mufrad?t bahasa Arab siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas media pembelajaran Pop-Up dalam peningkatan pemahaman mufrad?t bahasa Arab di MTsN 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Objek penelitian adalah kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Adapun tes dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis yang diajukan adalah dengan melakukan uji-t melalui program SPSS versi 16.0 serta uji normalitas, dan uji homogenitas sebagai prasyarat. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan nilai rata-rata pretest ke posttest yaitu 53,78125 menjadi 74,09375 dan hasil belajar kelas kontrol mengalami peningkatan antara rata-rata nilai pretest dan posttest yaitu 54,82759 menjadi 64,7931. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai posttest kelas kontrol. (2) media pembelajaran Pop-Up dikatakan efektif dalam peningkatan pemahaman mufrad?t siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai posttest kelas eksperimen yaitu 74,09375 dengan dasar pengukuran efektivitas menurut Suharsimi Arikunto. Dari penghitungan uji-T jenis Independent Sample T-Test dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar keduanya sehingga Ha diterima. Kaca kunci: Eksperimentasi, Media Pop-Up, Mufrad?t. PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Eksperimentasi KW - Media Pop-Up KW - Mufrad?t. M1 - skripsi TI - EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN MUFRAD?T DI MTsN 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018 AV - restricted EP - 164 ER -