TY  - THES
N1  - Dr. H. Abdul Munip, M.Ag
ID  - digilib33570
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33570/
A1  - ISTI ASFIAH, NIM. 16204080056
Y1  - 2018/11/16/
N2  - Latar belakang masalah penelitian ini adalah idealnya pendidikan di Indonesia dapat menghasilkan insan- insan berkarakter karena dalam tujuan pendidikan nasional nampak jelas bahwa pendidikan Indonesia selain mencerdaskan juga membentuk karakter manusia yang beriman dan berakhlak
mulia. Untuk mewujudkan manusia yang beriman dan berakhlak mulia ada dua mata pelajaran yang concern mengembangkan keimanan dan akhlak mulia yaitu PKN dan Pendidikan Agama. Namun demikian keduanya belum mampu membentuk karakter siswa yang beriman dan berakhlak mulia. Di MIN 2 Sleman sebetulnya sudah melaksanakan pendidikan karakter melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler namun belum menampakkan hasil yang maksimal. Hal tersebut menarik bagi penulis untuk mengadakan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai- nilai karakter yang diintegrasikan dalam pembelajaran PAI, dan mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di MIN 2 Sleman, dan menjadikan siswa, guru PAI, dan Kepala Madrasah sebagai subyek  enelitian.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumrentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna
itulah ditarik kesimpulan Hasil Penelitian Pembelajaran PAI di MIN 2 Sleman menunjukkan bahwa:
Pertama, guru-guru PAI di MIN 2 Sleman telah mengintegrasika nilai-nilai karakter kedalam mata pelajaran PAI. Namun masih perlu untuk terus dikembangkan. Kedua, Nilai-nilai karakter yang diintegrasikan dan yang paling ditonjolkan dalam pembelajaran PAI yaitu religious, jujur, toleransi, dan disiplin, Ketiga implementasi Pendidikan karakter dalam pembelajaran PAI mulai dari perencanaan, Pelaksanaan dan evaluasi. Metode pembelajaran Pendidikan karakter adalah model tadzkiroh dan istiqomah yang meliputi, tunjukkan teladan, arahkan, dorongan, zakiyah, kontinuitas, ingatkan, repetisi, organisasikan, hati (sentuhan hati). Adapun model istiqomah adalah model pembelajaran yang terdiri
atas imagination, student centre, technologi, intervatioa, question and answer, organization, motivation, application, heart. Sedangkan pembelajaran karakter dengan pembudayaan dilakukan dengan pembinaan shalat berjamaah, shalat dhuha, hafalan surat- surat pendek, latihan qurban dan bakti sosial. Media yang digunakan adalah meliputi pesan tertulis, papan tulis, multimedia, sarana ibadah, LCD Proyektor, mushala, dan buku paket. Evaluasi pendidikan karakter dengan menggunakan observasi, catatan guru, penilaian diri, penilaian antar teman, dan presensi
PB  - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
KW  - implementasi pendidikan karakter
KW  -  nilai-nilai karakter
KW  -  pembelajaran PAI
KW  -  madrasah ibtidaiyah.
M1  - masters
TI  - IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MIN 2 SLEMAN
AV  - restricted
EP  - 166
ER  -