TY - THES N1 - Rohmatun Lukluk Isnaini, S.Pd.I., M.Pd.I ID - digilib33572 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33572/ A1 - ATINA BALKIS IZA, NIM. 14420092 Y1 - 2018/08/27/ N2 - Penelitian ini mempunyai dua tujuan: untuk mengetahui proses pembelajaran keterampilan qira?ah dengan metode drill. Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar bahasa Arab antara kelas eksperimen yang menggunakan metode drill dalam meningkatkan keterampilan qira?ah dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan metode drill. Latar belakang penelitian ini adalah masih ada sebagian siswa yang kesulitan dalam membaca bahasa Arab. Padahal, keterampilan membaca merupakan salah satu unsur terpenting dalam memahami teks bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan Random Sampling, untuk sampel yang diambil adalah dua kelas, yaitu kelas X IPA 3 dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan X IPS 2 dengan jumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas dengan rumus Korelasi Product Moment Karl Pearson. Uji reabilitas menggunakan rumus Alpha. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus Kolmogorov-Smirnov. Sedangkan, uji homogenitas menggunakan rumus Analisis Varian. Analisis data menggunakan uji ?t?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 63,66. Sedangkan kelompok eksperimen sebesar 67,88. Sedangkan, hasil uji t diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,039 < 0,05 yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar bahasa Arab keterampilan qira?ah antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Maka metode drill dapat digunakan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran keterampilan qira?ah. Kata kunci: metode, drill, keterampilan qira?ah. PB - UIN Sunan Kalijaga KW - metode KW - drill KW - keterampilan qira?ah. M1 - skripsi TI - EKSPERIMENTASI METODE DRILL DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN QIRÂ?AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018 AV - restricted EP - 150 ER -