@phdthesis{digilib33574, month = {July}, title = {PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR?AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS N 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM. 14420094 Dewi Almahfudhoh}, year = {2018}, note = {Agung Setiyawan, M.Pd.I}, keywords = {Pengaruh, Kemampuan Membaca Al-Qur?an, Teks Bahasa Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33574/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh signifikan antara kemampuan membaca Al-Qur?an terhadap kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa kelas VIII MTs N 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sedangkan jenis penelitian nya adalah penelitian lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N 1 Bantul dengan menggunakan tehnik acak atau random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis regresi sederhana dengan bantuan software SPSS. Analisis regresis yang digunakan adalah dengan melihat output coeeficient, output anova, serta output model summary. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) nilai rata- rata tes kemampuan membaca Al-Qur?an termasuk dalam kategori baik dengan nilai 75,50. 2) nilai rata- rata tes kemampuan membaca teks bahasa Arab termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai 85,53. 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan membaca Al-Qur?an terhadap membaca teks bahasa Arab ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 pada uji Anova, dengan intrepretasi pengaruh yang sangat kuat antara kedua variabel dengan nilai R = 0,827 pada uji Summary. Adapun prosentase pengaruh kedua variabel dilihat dari nilai R square =0,685, yaitu 68,5\%. Dapat disimpulkan bahwa semakin baik siswa dalam membaca Al-Qur?an, maka semakin baik pula kemampuan membaca teks bahasa Arab nya. Kata kunci: Pengaruh, Kemampuan Membaca Al-Qur?an, Teks Bahasa Arab} }