@phdthesis{digilib33579, month = {August}, title = {PERAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK KELOMPOK A DI TK ISLAM PLUS MUTIARA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 14430008 NAZULA SYIFAUL MAGHFIRA}, year = {2018}, note = {Dra. Nadlifah, M.Pd.}, keywords = {Peran Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar, Anak}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33579/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang peran pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak, faktor yang mempengaruhi serta hasil yang telah dicapai. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai tambahan wawasan dan informasi bagi para pendidik terutama bagi orang tua dalam memotivasi belajar anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi partisipan pasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksi, menyusun dalam satuan dan mengkategorikannya kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran pola asuh orang tua dengan tipe demokratis, orang tua mampu meningkatkan motivasi belajar anak. Dengan peran pola asuh orang tua yaitu sebagai motivator, fasilitator dan mediator. (2) pola asuh orang tua dengan tipe permisif, orang tua kurang mampu meningkatkan motivasi belajar anak. Dengan peran pola asuh orang tua yaitu sebagai penghibur dan sebagai pendamai; (3) pola asuh orang tua dengan tipe pola asuh otoriter, orang tua kurang mampu meningkatkan motivasi belajar anak. Dengan peran pola asuh orang tua yaitu sebagai pengatur dan sebagai fasilitator. Selain peran pola asuh orang tua di atas ada beberapa upaya orang tua dalam meningktkan motivasi belajar anak yaitu mengetahui hasil, memberikan hadiah, memberikan pujian dan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan anak. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar anak yaitu faktor internal dan eksternal, pada faktor ini berasal dari dalam diri individu yang terbagi menjadi dua, yakni faktor fisik yang meliputi kesehatan jasmani dan keadaan fungsi-fungsi fisiologis dan faktor psikologis yang meliputi minat, kecerdasan, dan persepsi. Kedua adalah faktor eksternal, faktor ini berasal dari luar individu terbagi menjadi dua, yakni faktor sosial dan faktor non sosial. Faktor eksternal ini berasal dari keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar, baik lingkungan sosial maupun nonsosial.} }