TY - THES N1 - Dr. Eva Latipah, M.Si ID - digilib33584 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33584/ A1 - MOHAMMAD HANIF, NIM. 16204080022 Y1 - 2018/09/17/ N2 - Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di dalam kelas adalah adanya kreatifitas dan inovasi pendekatan guru dalam proses pembelajaran. Usaha guru dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah penerapan pendekatan hypnoteaching. Dengan cara ini siswa diaktifkan pikiran bawah sadarnya dengan diberikan kata ?kata imajinatif dan kata-kata positif untuk direkan dan dimasukkan kedalam alur berfikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan hypnoteaching terhadap motivasi belajar siswa kelas Vb MIN 1 Bantul . Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods, jenis metode yang menggabungkan antara kualitatif dengan kuantitatif. Kualitatif digunakan untuk mengetahui bagaimana metode hypnoteaching diterapkan dalam proses pembelajaran dan mempunyai pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Sementara kuantitaif digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendekatan hypnoteaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan angket. Tehnik analisis data pembuatan instrumen, uji validitas, uji reliabilitas, dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan. Pertama, Penerapan hypnoteaching pada kelas Vb MIN 1 Bantul tahun ajaran 2017/2018 mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini sejalan dengan hasil analisis pada data kualitatif yang berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.Semua data tersebut menyatakn bawwa sisw setelah mendapatkan pembelajaran pendekatan hypnoteaching mereka merasa senang, semangat dan belajar lebih bergairah lagi. Adapun langkah langkahnya adalah menggunakan rileksasi mata dan juga seluruh saraf dalam tubuh. Selain itu juga diterapkan dengan langkah langkah Motivasi diri, pacing-leading, kata ?kata positif dan sugestif, pujian dan modelling, yelling atau berteriak bersama, jam emosi, ajakan dan perintah. Kedua Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan 2 variabel, satu variabel dependen yatitu motivasi belajar, dan variabel independen yaitu hypnoteaching . Kedua variabel ini dibuat suatu angket dengan masing masing variabel 30 pernyataan. Setelah diadakan uji validitas ada 4 pernyataan yang tidak valid dan harus dikeluarkan. Sehingg instrumen penelitianya menjadi 56 pernyatan. Kemudian diadakan uji reliabilitasnya menunjukkan semua instrrumen penelitian reliabel dengan Alpha diatas 0,7, yaitu 0,952. Kemudian dilakukan uji regresi linier sederhana, dengan hasil R2 ( Koefisien determinasi ) 0,775, Dengan demikin maka dapat dikatan bahwa pendekatan hypnoteaching mempunyai pengaruh yang sangat positif dalam peningkatan motivasi belajar siswa dengan rata ?rata prosentasi peningkatan sejumlah 77,5 %. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Motivasi belajar melalui pendekatan hypnoteaching M1 - masters TI - PENGARUH PENDEKATAN HYPNOTEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VB MIN 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018 AV - restricted EP - 168 ER -