TY - THES N1 - Dra.Nadlifah, M.Pd. ID - digilib33634 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33634/ A1 - ASIAH, NIM. 14430043 Y1 - 2018/07/24/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya orang tua zaman sekarang yang bekerja di luar rumah khususnya Ibu, sehingga tidak bisa mendampingi anak-anaknya secara optimal. Serta kemajuan ilmu pengetahuan yaitu sains dan teknologi yang berdampak pada anak-anak, dan membuat anak-anak lebih enjoy untuk duduk di depan televisi dan bermain game, yang menyebabkan anak lebih condong memiliki sifat individualisme. Atas alasan inilah akhirnya banyak orang tua memilih memasukkan anak-anaknya di sekolah yang menggunakan sistem full day scholl. Dengan sistem full day school ini diharapkan dapat menstrimulus berbagai perkembangan dan pertumbuhan anak khususnya perkembangan empati anak. Jenis penelitian yakni penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, wali kelas A1, guru pendamping dan siswa kelompok A1. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Penelitian ini tidak lain untuk mengkaji lebih mendalam apakah sistem full day school dapat mengembangkan empati anak kelompok A di RA Mu?adz Bin Jabbal 2 Ketandan Banguntapan Bantul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan atau memberikan gambaran tentang implementasi sistem full day school dalam mengembangkan empati anak, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat sistem full day school dalam mengembangkan empati anak. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) Implementasi sistem full day school dalam mengembangkan empati anak berkembang sesuai dengan harapan, hal ini terlihat anak-anak sudah mampu untuk peduli dengan teman yang mengalami kesulitan, saling tolong menolong, berbagi, peka terhadap lingkungan sekitar. (2) faktor pendukung dan penghambat sistem full day school dalam mengembangkan empati anak kelompok A RA Mu?adz Bin Jabbal 2 Ketandan Banguntapan Bantul yaitu faktor pendukung diantaranya, faktor internal (guru dan komponen yang ada di sekolah) dan eksternal (orang tua, masyarakat sekitar sekolah dan media). Faktor penghambat diantaranya tingkat perkembangan anak yang berbeda-beda, teman di sekolah dan pendidikan rumah yang tidak mendukung dengan pendidikan di sekolah PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Full Day School KW - Empati Anak M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI SISTEM FULL DAY SCHOOL DALAM MENGEMBANGKAN EMPATI ANAK KELOMPOK A1 DI RA MU?ADZ BIN JABBAL 2 KETANDAN BANGUNTAPAN BANTUL AV - restricted EP - 149 ER -