eprintid: 33635 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/36/35 datestamp: 2019-03-08 02:46:29 lastmod: 2019-03-08 02:46:29 status_changed: 2019-03-08 02:46:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DIAN ANGGRAINI, NIM. 14430044 title: IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTADIDIK KELOMPOK A KB-TK AL-AZHAR 38 BANTUL ispublished: pub subjects: s_piaud divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: Implementasi, Metode Demonstrasi, Perkembangan Kognitif note: Dr. Suyadi, S.Ag., M.A abstract: Latar belakang penelitian ini adalah adanya tingkat perkembangan peserta didik yang beragam mulai dari peserta didik dibawah rata-rata, sedang, dan diatas rata-rata. Dari ketiga kemampuan peserta didik tersebut, peserta didik dibawah rata-rata dan sedang tidak dapat menerima pembelajaran jika hanya menggunakan satu metode. Digunakannya metode demonstrasi diharapkan dapat mencakup seluruh kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik kelompok A KB-TK Al-Azhar 38 Bantul dengan menggunakan metode demonstrasi dan mengetahui perkembangan kognitif peserta didik kelompok A KB-TK Al-Azhar 38 Bantul dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar tempat KB-TK Al-Azhar 38 Bantul. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan individu-individu yang terlibat dalam penelitian. Subjek penelitian ini adalah guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik KB-TK Alazhar 38 Bantul. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di kelompok A KB-TK Al-Azhar 38 Bantul dengan menggunakan metode demonstrasi sudah berjalan dengan baik, hal tersebut dikarenakan guru telah memperlihatkan atau memperagakan serangkaian tindakan berupa gerakan yang menggambarkan suatu cara kerja atau urutan proses kegiatan, selain itu guru juga telah memperlihatkan bentuk dari suatu benda. Penerapan metode maupun media yang digunakan dalam pembelajaran sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran, dan berpengaruh juga terhadap perkembangan peserta didik. Hal tersebut dikarenakan perkembangan peserta didik dalam setiap harinya selalu berbeda. date: 2018-07-12 date_type: published pages: 132 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: DIAN ANGGRAINI, NIM. 14430044 (2018) IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTADIDIK KELOMPOK A KB-TK AL-AZHAR 38 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33635/1/14430044_BAB%20I_%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33635/2/14430044_BAB%20II_III_IV.pdf