TY - THES N1 - Siti Zubaedah, S.Ag.,M.Pd, ID - digilib33645 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33645/ A1 - SITI ROJIYATUL ALAWIYAH, NIM. 14430055 Y1 - 2018/08/27/ N2 - Latar belakang penelitian ini melihat dari fenomena rendahnya perkembangan bahasa anak sejak dini, berita yang dilansir oleh kompas.com menyatakan bahwa anak-anak usia dini sekarang lebih memilih bermain gadget daripada bermain bersama teman-temannya di luar. Sehingga keterampilan berbicara anak kurang berkembang dan kekayaan bahasanya minim. Perkembangan bahasa anak penting untuk diperhatikan salah satunya oleh pendidik. Pendidik juga sangat berperan dalam menggembangkan dan mengoptimalkan perkembangan berbicara anak, perkembangan berbicara anak akan berkembang apabila diberi stimulus dan metode-metode yang baik untuk mengembangkan keterampilan berbicaranya. Salah satu strategi dalam mengembangkan keterampilan berbicara anak yaitu dengan pembelajaran sentra bermain peran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Proses implementasi pembelajaran sentra bermain peran dalam mengembangkan keterampilan berbicara anak pada kelompok B2 di RA Tiara Chandra, 2) Hasil dari implementasi pembelajaran sentra bermain peran dalam mengembangkan keterampilan berbicara anak pada kelompok B2 di RA Tiara Chandra, 3) Kelebihan dan kekurangan pembelajaran sentra bermain peran di RA Tiara Chandra. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verification/conclusi drawing. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian ini adalah implementasi pembelajaran sentra bermain peran di kelompok B2 RA Tiara Chandra Yogyakarta sudah berhasil dalam mengembangkan keterampilan berbicara anak. Hal ini dilihat dari tercapainya indikator yang ditetapkan oleh RA Tiara Chandra berdasarkan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA), yaitu anak dapat menjawab pertanyaan yang lebih kompleks, menyebutkan gambar yang memiliki bunyi yang sama, berkomunikasi secara lisan, berbicara menggunakan kalimat sederhana, memiliki perbendaharaan kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain, melanjutkan sebagian cerita atau dongeng yang telah di perdengarkan dan menunjukkan pemahaman terhadap cerita. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Sentra Bermain Peran KW - Mengembangkan KW - Keterampilan Berbicara M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENTRA BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK PADA KELOMPOK B2 DI RA TIARA CHANDRA YOGYAKARTA AV - restricted EP - 144 ER -