@phdthesis{digilib33647, month = {July}, title = {IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA MAIN PERAN UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI TK ISLAM PLUS MUTIARA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 14430064 DIAN ASRI PRATIWI}, year = {2018}, note = {Lailatu Rohmah, S.Pd.I.,M.S.I.,}, keywords = {Main Peran, Motorik Halus.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33647/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi dari ketertarikan terhadap perkembangan motorik halus anak kelompok A1 TK Islam Plus Mutiara Banguntapan yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi model pembelajaran sentra main peran untuk mengembangkan motorik halus anak kelompok A1 TK Islam Plus Mutiara Banguntapan, (2) Dampak dari implementasi model pembelajaran sentra main peran untuk mengembangkan motorik halus anak kelompok A1 TK Islam Plus Mutiara Banguntapan, (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model pembelajaran sentra main peran untuk mengembangkan motorik halus anak kelompok A1 TK Islam Plus Mutiara Banguntapan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan mengambil latar belakang TK Islam Plus Mutiara Banguntapan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi model pembelajaran sentra main peran untuk mengembangkan motorik halus anak kelompok A1 TK Islam Plus Mutiara Banguntapan dimulai dari perencanaan yaitu rapat kerja kurikulum untuk menyusun Program Tahunan, Tema Sub Tema, Program Semester, RPPM dan RPPH. Kemudian pelaksanaan bermain peran di sentra main peran makro dan mikro yaitu pijakan lingkungan main, SOP pembukaan, pijakan sebelum main, pijakan selama main, pijakan sesudah main, istirahat, kegiatan plus, dan penutup. Selanjutnya evaluasi pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan di TK Islam Plus Mutiara terhadap pencapaian peserta didik dengan menggunakan dua komponen utama yaitu penilaian dan program tindak lanjut. (2) Dampak dari implementasi model pembelajaran sentra main peran pada kelompok A1 berdampak baik pada perkembangan motorik halus anak dengan melihat tercapainya indikator yang diterapkan di TK Islam Plus Mutiara berdasarkan STPPA yang mengacu pada kurikulum 2013. (3) Faktor pendukung yaitu SDM di TK Islam Plus Mutiara sudah cukup bagus, APE cukup memadai, dan peserta didik sudah mengerti apa yang diajarkan oleh guru. Sedangkan faktor penghambat yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu sarana dan prasarana masih kurang baik.} }