@phdthesis{digilib33665, month = {November}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING) DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN 4 BANTUL T.A 2017/2018}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 12680038 Isnain Elina Setyarini}, year = {2018}, note = {Dian Noviar, M.Pd.Si.}, keywords = {Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Hasil Belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33665/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model Problem Based Learnig (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MAN 4 Bantul T.A 2017/2018, (2) mengetahui pengaruh model Problem Based Learnig (PBL) terhadap hasil belajar pada aspek pengetahuan siswa kelas X MAN 4 Bantul T.A 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian true experimen (eksperimen sebenarnya) dengan desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA MAN 4 Bantul. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling, yaitu kelas X IPA 1 (kelas eksperimen) dan kelas X IPA 3 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan One Way Anova, sedangkan untuk hasil belajar aspek pengetahuan menggunakan Kruskal Wallis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) model Problem Based Learnig (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan ditunjukkan p-value sebesar 0,000{\ensuremath{<}} 0,05. (2) Model Problem Based Learnig (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar pada aspek pengetahuan siswa dengan ditunjukkan p-value sebesar 0,00{\ensuremath{<}} 0,05.} }