@phdthesis{digilib33670, month = {November}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 14680016 Fitri Ana Widuri}, year = {2018}, note = {Eka Sulistyowati, M.A., M.IWM}, keywords = {Sikap Kepedulian Lingkungan, Hasil Belajar, Guided Discovery Learning}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33670/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran guided discovery learning menggunakan media lingkungan terhadap sikap peduli lingkungan siswa, 2) pengaruh model pembelajaran guided discovery learning menggunakan media lingkungan terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Quasy Experimental Design dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA yang terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan teknik sampling jenuh dengan hasil kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen guided discovery learning, dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan menggunakan angket, dengan instrumen berupa lembar angket sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan sekolah. Teknik pengambilan data hasil belajar kognitif siswa menggunakan tes, dengan instrumen berupa soal pretest dan posttest materi pencemaran lingkungan. Teknik analisis data sikap kepedulian lingkungan siswa menggunakan uji statistik Mann Whitney U-Test, dan analisis data hasil belajar kognitif siswa menggunakan skor N-gain yang diuji menggunakan uji statistic Mann whitney U-Test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) tidak terdapat pengaruh model pembelajaran guided discovery learning menggunakan media lingkungan terhadap sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann Whitney U-Test menunjukkan Asymp. Sig. sebesar 0,079 ? 0,05 2) tidak terdapat pengaruh model pembelajaran guided discovery learning menggunakan media lingkungan terhadap hasil belajar kognitif siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann Whitney U-Test untuk skor N-gain siswa menunjukkan nilai Asymp. Sig. sebesar 0,151 ? 0,05.} }