eprintid: 33670 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/36/70 datestamp: 2019-03-11 01:08:47 lastmod: 2019-03-11 01:08:47 status_changed: 2019-03-11 01:08:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fitri Ana Widuri, NIM. 14680016 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Sikap Kepedulian Lingkungan, Hasil Belajar, Guided Discovery Learning note: Eka Sulistyowati, M.A., M.IWM abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran guided discovery learning menggunakan media lingkungan terhadap sikap peduli lingkungan siswa, 2) pengaruh model pembelajaran guided discovery learning menggunakan media lingkungan terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Quasy Experimental Design dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA yang terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan teknik sampling jenuh dengan hasil kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen guided discovery learning, dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan menggunakan angket, dengan instrumen berupa lembar angket sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan sekolah. Teknik pengambilan data hasil belajar kognitif siswa menggunakan tes, dengan instrumen berupa soal pretest dan posttest materi pencemaran lingkungan. Teknik analisis data sikap kepedulian lingkungan siswa menggunakan uji statistik Mann Whitney U-Test, dan analisis data hasil belajar kognitif siswa menggunakan skor N-gain yang diuji menggunakan uji statistic Mann whitney U-Test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) tidak terdapat pengaruh model pembelajaran guided discovery learning menggunakan media lingkungan terhadap sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann Whitney U-Test menunjukkan Asymp. Sig. sebesar 0,079 ˃ 0,05 2) tidak terdapat pengaruh model pembelajaran guided discovery learning menggunakan media lingkungan terhadap hasil belajar kognitif siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann Whitney U-Test untuk skor N-gain siswa menunjukkan nilai Asymp. Sig. sebesar 0,151 ˃ 0,05. date: 2018-11-12 date_type: published pages: 181 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Fitri Ana Widuri, NIM. 14680016 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33670/1/14680016_%20BAB%20I%2C%20%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33670/2/14680016_BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf