eprintid: 33675 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/36/75 datestamp: 2019-03-11 01:18:24 lastmod: 2019-03-11 01:18:24 status_changed: 2019-03-11 01:18:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MOILLY HULLUQY, NIM. 14430090 title: PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DENGAN METODE KETERAMPILAN (SELF TRAINING) PADA KELOMPOK B3 DI TKIT SALSABILA AL-MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL ispublished: pub subjects: s_piaud divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: Sosial Emosional, Metode Keterampilan, Anak usia dini, TKIT Salsabila Al-Muthi’in note: Lailatu Rohmah, S.Pd.I, M.S.I, abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengembangan sosial emosional anak usia dini dengan metode keterampilan yang berfokus pada (toilet training dan self training) di TKIT Salsabila Al-Muthi’in Banguntapan Bantul. Selain itu juga untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pengembangan sosial emosional anak usia dini di TKIT Salsabila Al-Muthi’in Banguntapan Bantul. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan melakukan pengumpulan data di TKIT Salsabila Al-Muthi’in. Teknik pengumpulan data melalui observasi pada peserta didik di kelompok B3, wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas, dan dokumentasi TKIT Salsabila Al-Muthi’in. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verivikasi, setelah itu ditarik kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Adapun hasil yang didapat berdasarkan penelitian dengan judul Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Dengan Metode Keterampilan (toilet training dan self training) Pada Kelompok B3 di TKIT Salsabila Al-Muthi’in Banguntapan Bantul sebagai berikut, (1) pengembangan sosial emosional anak usia dini di kelompok B3 TKIT Salsabila Al-Muthi’in dilakukan dengan kegiatan toilet training dan self training. Kegiatan toilet training adalah saat anak sebelum dan selama di toilet. Sedangkan kegiatan self training meliputi berangkat ke sekolah tepat waktu, memakai dan melepas sepatu mandiri, merapikan mainan, membereskan peralatan sesudah sentra, tertib saat kegiatan berbaris mengantri dan doa, cuci tangan, makan dan minum, gosok gigi dan berwudhu, serta melepas dan memakai pakaian mandiri, (2) faktor pendukung dalam pelaksanaan pengembangan sosial emosional anak usia dini dengan metode keterampilan pada kelompok B3 di TKIT Salsabila Al-muthi’in yaitu tenaga pendidik yang profesional, fasilitas dari pihak sekolah dan kerjasama atau pelibatan orangtua. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan jumlah pendidik, karakter masing-masing anak kelas B3 yang berbeda, dan ada pendidik yang kurang disiplin. date: 2018-08-28 date_type: published pages: 170 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MOILLY HULLUQY, NIM. 14430090 (2018) PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DENGAN METODE KETERAMPILAN (SELF TRAINING) PADA KELOMPOK B3 DI TKIT SALSABILA AL-MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33675/1/14430090_BAB-I_V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33675/2/14430090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf