eprintid: 33684 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/36/84 datestamp: 2019-03-11 01:47:15 lastmod: 2019-03-11 01:47:15 status_changed: 2019-03-11 01:47:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Norma Hidayatun, NIM. 14680042 title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA CHART UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 2 BANGUNTAPAN ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: model kooperatif tipe jigsaw, media chart, motivasi, hasil belajar note: Runtut Prih Utami, M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media chart dapat meningkatkan motivasi belajar biologi siswa, 2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media chart dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa, 3) banyaknya siklus yang dibutuhkan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media chart untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan tiga siklus, siklus I menggunakan model Direct Instruction (DI), siklus II menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, dan siklus III menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media chart. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket motivasi belajar siswa, pretest-postest, dokumentasi, dan catatan lapangan. Data dianalisis secara kualitatif dengan metode diskriptif dan secara kuantitatif dengan Effect Size d Cohen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media chart dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi dapat diketahui dari persentase lembar angket setiap siklusnya masing-masing yaitu siklus I sebesar 64,01%; siklus II sebesar 67,81%; dan siklus III sebesar 75,79%. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari rata-rata pretest dan postest yaitu siklus I sebesar 35,85 dan 55,56; siklus II sebesar 44,18 dan 65,39; serta siklus III sebesar 57,29 dan 76,96 sehingga diperoleh effect size I sebesar 0,9 (efek besar) dan effect size II sebesar 1,2 (efek besar). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media chart dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI di SMAN 2 Banguntapan. date: 2018-11-13 date_type: published pages: 216 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Norma Hidayatun, NIM. 14680042 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA CHART UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 2 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33684/1/14680042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33684/2/14680042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf