relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33689/ title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN PAKEM PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS creator: Khadziqotu Zulfa, NIM. 12690037 subject: Pendidikan Fisika description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan menggunakan Mind Map untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika pada pokok bahasan gerak lurus. Penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan bentuk nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas berupa model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan menggunakan mind map dan variabel terikat berupa motivasi dan hasil belajar fisika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Terdiri dari 26 siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 26 siswa kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar berupa soal pretest-postest dan instrumen non tes berupa lembar angket motivasi belajar fisika. Teknik analisa data yang digunakan adalah statistika deskriptif dan Normalized Gain (N-Gain). Kriteria keefektifan tersebut mengacu pada kriteria yang dikembangkan oleh Nurgana, yaitu 75% dari jumlah siswa memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 60, N-Gain yang signifikan, dan motivasi belajar meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan menggunakan mind map efektif dalam meningkatkan motivasi belajar fisika siswa. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh N-Gain kelas Eksperimen sebesar 0,253 dan N-Gain kelas kontrol sebesar -0,061 dan Effect Size sebesar 3,363 menunjukkan bahwa perbedaan peningkatan motivasi pada kedua kelas dalam kategori sedang (2) Pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan menggunakan mind map efektif dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui 80,769% siswa pada kelas eksperimen memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 60 dan N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,360 (sedang) dan N-gain kelas kontrol sebesar 0,277 (rendah) date: 2018-09-07 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33689/1/12690037_BAB-I_V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33689/2/12690037_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf identifier: Khadziqotu Zulfa, NIM. 12690037 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN PAKEM PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.