%A NIM. 13690016 Yuni Kusumawati %O Drs. Nur Untoro, M.Si %T PENGEMBANGAN ALAT PERAGA TATA SURYA UNTUK PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS VII MTs LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA %X Penelitian ini bertujuan (1) Menghasilkan alat peraga tata surya dan rekaman materi untuk peserta didik tunanetra, (2) Mengetahui kualitas alat peraga tata surya dan rekaman materi yang dihasilkan, (3) Mengetahui respon peserta didik dan keterlaksanaan terhadap alat peraga dan rekaman materi.. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model prosedural. Prosedur penelitian pengembangan ini berdasarkan model 4-D yang meliputi 4 langkah utama, yaitu (1) Define (2) Design (3) Develop (4) Disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap develop langkah developmental testing. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar penilaian, lembar angket respo peserta didik, dan lembar observasi keterlaksanaan. Penelitian kualitas alat peraga menggunakan skala likert dengan skala 4 dan respon peserta didik menggunakan skala Guttman yang dibuat dalam bentuk cheklist. Sedangkan keterlaksanaan produk menggunakan lembar observasi deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah alat peraga tata surya dan rekaman materi untuk peserta didik tunanetra. Kualitas alat peraga berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media memiliki kategori Sangat Baik (SB) dengan skor rerata berturut-turut 3,60 dan 3,90. Sedangkan kualitas rekaman materi berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media memiliki kategori Baik (B) dan Sangat Baik (SB) dengan skor rerata berturut-turut 3,25 dan 3,90. Kualitas alat peraga dan rekaman materi menurut guru IPA memiliki kategori Baik (B) dengan skor rerata berturut-turut 3,30 dan 3,00. Respon peserta didik terhadap produk alat peraga pada uji coba terbatas dan uji coba luas memperoleh kategori Setuju (S) dengan rerata skor berturut-turut 0,9 dan 0,95. Sedangkan rekaman materi pada uji coba terbatas dan uji coba luas memperoleh kategori Setuju (S) dengan rerata skor berturut-turut 0,96 dan 0,98. Hasil dari keterlaksanaan alat peraga pada uji coba luas adalah untuk peserta didik low vission dapat menggunakan secara mandiri sedangkan untuk tunanetra total memerlukan bimbingan. %K Alat Peraga, Tata Surya, Tunanetra, rekaman materi %D 2018 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib33692