eprintid: 3370 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/33/70 datestamp: 2012-08-15 10:12:54 lastmod: 2016-12-07 08:46:16 status_changed: 2012-05-04 16:44:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: EFFENDI - NIM. 04461118, title: PENERAPAN TEKNIK BERGEMA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV B MI/SDIT SULTAN AGUNG BABADAN BARU DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2008/2009 ispublished: pub subjects: F divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: Teknik Bergema, proses, aktivitas, hasil. note: Cth. Pembimbing : Thaqibul Fikri Niyartama, M.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV B MI/SDIT Sultan Agung Babadan Baru Depok Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2008/2009 melalui penerapan teknik pembelajaran Bergema. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research/ CAR), yang meliputi proses perencanaan, tindakan, obsevasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswasiswi kelas IV B MI/SDIT Sultan Agung Babadan Baru Depok Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2008/2009. Keberhasilan penelitian ini dapat ditunjukkan dengan keberhasilan proses dan produk. Keberhasilan proses meliputi adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa yang diperoleh melalui lembar observasi. Keberhasilan produk berupa peningkatan hasil belajar siswa, yakni kemampuan siswa dalam mengerjakan soal-soal pretes dan postes. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan ditarik kesimpulan dengan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan teknik pembelajaran Bergema mampu meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisa data observasi terlihat bahwa besarnya skor rata-rata untuk aktivitas guru siklus I berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 21 dan siklus II berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 34, sedangkan besarnya skor rata-rata untuk aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 24 dan siklus II berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 27,5. Besarnya persentase hasil belajar siswa untuk pretes siklus I adalah sebesar 15% dan postes sebesar 60%, sedangkan persentase hasil belajar siswa untuk pretes siklus II adalah sebesar 55% dan postes sebesar 80%. date: 2010-01-20 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-01-20 10:27:11 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--effendinim-3154-1-effendi-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/64/digilib-uinsuka--effendinim-3154-1-effendi-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3573 ; nama file lama : EFFENDI 04461118 PENERAPAN TEKNIK BERGEMA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 972895 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: EFFENDI - NIM. 04461118, (2010) PENERAPAN TEKNIK BERGEMA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV B MI/SDIT SULTAN AGUNG BABADAN BARU DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3370/1/BAB%20I%2C%20V.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3370/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf