<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN\r\nKESETIMBANGAN BENDA TEGAR DI SMA/MA\r\nKABUPATEN PATI MENGGUNAKAN INSTRUMEN\r\nTES THREE-TIER"^^ . "Miskonsepsi adalah suatu konsepsi yang dimiliki oleh seseorang yang tidak\r\nsesuai dengan konsep secara ilmiah. Identifikasi miskonsepsi penting untuk\r\ndilakukan karena miskonsepsi dapat menghambat seseorang dalam proses\r\npenerimaan pengetahuan yang baru. Jika miskonsepsi dapat teridentifikasi maka\r\ndapat dilakukan suatu upaya untuk mengatasi terjadinya miskonsepsi tersebut.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase miskonsepsi per\r\nsubmateri pada pokok bahasan dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar di\r\nSMA/MA Kabupaten Pati. Materi tersebut dipilih berdasarkan hasil wawancara\r\nkepada guru fisika di SMA/MA Kabupaten Pati yang menyatakan bahwa peserta\r\ndidik banyak mengalami kesulitan pada materi tersebut, kemudian berdasarkan\r\nhasil kuisioner peserta didik menyatakan materi tersebut adalah materi yang paling\r\nsulit dipahami dan adanya kesalahan peserta didik dalam memahami konsepkonsep\r\nyang ada dalam materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar.\r\nPenelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini melibatkan 210\r\npeserta didik dari tiga SMA/MA di Kabupaten Pati dengan menggunakan teknik\r\nstratified sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode\r\ntes. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes three-tier sejumlah\r\n12 butir soal pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar.\r\nKelebihan three-tier yaitu tidak semua jawaban salah dari peserta didik\r\ndikategorikan dalam kriteria pemahaman miskonsepsi, namun beberapa jawaban\r\ndikategorikan pada kriteria kurang pengetahuan. Data yang dikumpulkan dianalisis\r\nmenggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase miskonsepsi pada\r\nmasing-masing submateri yaitu: momen gaya 51,4%, momen inersia 37,6%, gerak\r\nmenggelinding sebagai kombinasi translasi dan rotasi 28,6%, gerak menggelinding\r\nsebagai rotasi murni 31,4%, energi kinetik benda tegar 50,5%, energi kinetik pada\r\ngerak menggelinding dan meluncur 28,6%, hukum kekekalan momentum sudut\r\n40,0%, kesetimbangan statis 27,6%, jenis-jenis kesetimbangan 28,6%, dan titik\r\nberat 24,8%. Sehingga disimpulkan bahwa peserta didik mengalami miskonsepsi."^^ . "2018-08-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 14690022"^^ . "Fadlilatin Ni’mah"^^ . "NIM. 14690022 Fadlilatin Ni’mah"^^ . . . . . . "IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN\r\nKESETIMBANGAN BENDA TEGAR DI SMA/MA\r\nKABUPATEN PATI MENGGUNAKAN INSTRUMEN\r\nTES THREE-TIER (Text)"^^ . . . . . "14690022_BAB-1_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN\r\nKESETIMBANGAN BENDA TEGAR DI SMA/MA\r\nKABUPATEN PATI MENGGUNAKAN INSTRUMEN\r\nTES THREE-TIER (Text)"^^ . . . . . "IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN\r\nKESETIMBANGAN BENDA TEGAR DI SMA/MA\r\nKABUPATEN PATI MENGGUNAKAN INSTRUMEN\r\nTES THREE-TIER (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN\r\nKESETIMBANGAN BENDA TEGAR DI SMA/MA\r\nKABUPATEN PATI MENGGUNAKAN INSTRUMEN\r\nTES THREE-TIER (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN\r\nKESETIMBANGAN BENDA TEGAR DI SMA/MA\r\nKABUPATEN PATI MENGGUNAKAN INSTRUMEN\r\nTES THREE-TIER (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN\r\nKESETIMBANGAN BENDA TEGAR DI SMA/MA\r\nKABUPATEN PATI MENGGUNAKAN INSTRUMEN\r\nTES THREE-TIER (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN\r\nKESETIMBANGAN BENDA TEGAR DI SMA/MA\r\nKABUPATEN PATI MENGGUNAKAN INSTRUMEN\r\nTES THREE-TIER (Other)"^^ . . . . . . "IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN\r\nKESETIMBANGAN BENDA TEGAR DI SMA/MA\r\nKABUPATEN PATI MENGGUNAKAN INSTRUMEN\r\nTES THREE-TIER (Other)"^^ . . . . . . "IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN\r\nKESETIMBANGAN BENDA TEGAR DI SMA/MA\r\nKABUPATEN PATI MENGGUNAKAN INSTRUMEN\r\nTES THREE-TIER (Other)"^^ . . . . . . "IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN\r\nKESETIMBANGAN BENDA TEGAR DI SMA/MA\r\nKABUPATEN PATI MENGGUNAKAN INSTRUMEN\r\nTES THREE-TIER (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #33700 \n\nIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK \nPADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN \nKESETIMBANGAN BENDA TEGAR DI SMA/MA \nKABUPATEN PATI MENGGUNAKAN INSTRUMEN \nTES THREE-TIER\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Fisika"@en . .